Langsung ke konten utama

Sambutan Perdana Ketua Umum KSI Periode 2011

 
Yuan Harnawan Pamungkas
Bismillah...
Assalamu’alaikum Wr Wb…………….

Puji syukur Allah yang masih memberikan kenikmatan dan kesempatan pada kita, yang dapat kita gunakan untuk tetap berfikir, bernafas, dan melangkah untuk berkarya. Sebuah langkah kebaikan teriring dengan sebuah cita2 dan harapan baru demi sebuah langkah perubahan yang lebih baik…, Dan Syukur Alhamdulillah saya diberikan salah satu nikmatNya untuk dapat berdiri disini sebagai seorang Ketua Umum KSI Periode 2011.
Saya berdiri disini bukan berarti saya adalah orang paling ilmiah se-Fakultas Pertanian. Atau katakanlah saya yang paling hebat dari kaum akademika FP UNS. Mengingat sejenak bahwa motivasi saya masuk UNS hanya sebatas pilihan kedua dan semester kedua saya juga punya niatan untuk keluar kemudian bekerja. Namun, tak terasa ternyata saya mengalami banyak perubahan... dan salah satu yang menjadi alasan saya tetap disini adalah keluarga. Dimana KSI juga merupakan tempat dimana saya memperoleh keluarga. Luar biasa saya dikelilingi orang-orang hebat yang berada di sekitar saya.
Membuka sebuah lembaran baru, bukan berarti meninggalkan semua jejak yang telah  dilalui… Kelompok Studi Ilmiah tetaplah merupakan sebuah Organisasi Keilmiahan di Fakultas Pertanian yang tidak terlepas dari peran serta seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian. Besar harapan kami dengan meneruskan usaha dan cita-cita dari kepengurusan periode sbelumnya Kelompok Studi Ilmiah periode ini dan selanjutnya akan lebih optimal berusaha mewujudkan budaya keilmiahan, spirit of Science yang sekaligus adalah wadah dalam pengembangan ide dan gagasan seputar keilmiahan bagi mahasiswa Fakultas Pertanian UNS.
            Dengan beberapa misi yang akan kami usung, untuk mewujudkan harapan tersebut antara lain:
1.      Sounding of KSI
Mengokohkan KSI sebagai Sudi Ilmiah yang mampu membentuk karakter pribadi mahasiswa yang kritis, solutif, dan berwawasan dalam mengkaji serta menelaah dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.      Menegakkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Menegakkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui upaya pencapaian pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
3.      Mewujudkan budaya keilmiahan
Melakukan upaya penanaman budaya keilmiahan untuk civitas mahasiswa Fakultas Pertanian UNS dengan memfasilitasi kegiatan-kegiatan ilmiah yang bersifat positif.
4.      KSI karyatif dan aksi
Melaksanakan program yang dapat melibatkan mahasiswa FP dalam menghasilkan karya/ kreativitas/ gagasan mengenai pengembangan multi disiplin ilmu pengetahuan khususnya terkait bidang pertanian secara luas.
5.      Kekeluargaan dan kesolidan pengurus
Mensolidkan pengurus KSI dalam rangka membangun efektivitas kerja dan kualitas kerja yang baik dengan usaha penjagaan dan pengkaryaan secara kekeluargaan serta profesionalisme di setiap kegiatan dan kepengurusan KSI.
Dengan sebuah semangat dan keyakinan bahwasanya keilmiahan memang merupakan satu dari kekayaan yang beranekaragam milik Fakultas Pertanian, yang memiliki ciri khusus sama halnya dengan Unit Kegiatan Kemahasiswaan yang lain, sehingga sepatutnya antar UKKHM saling sinergi dimana kesolidan, kerjasama, kebersamaan dan bantuan dari seluruh teman-teman sangat kami harapkan.
            Serta untuk teman-teman yang akan memasuki Periode Kepengurusan 2011 ini, besar harapan kita bisa senantiasa bersama, saling menjaga, dan menguatkan, memberikan semangat dan motivasi membawa KSI ke depan menjadi lebih bermakna dan lebih baik untuk Fakultas Pertanian kita. Stop Dreaming, Start Action. Jangan Pernah Takut Bermimpi, Tapi Jangan Hanya Bermimpi...
            Mungkin itu, sebelum saya tutup, sebagai penyemangat lahirnya kembali iklim keilmiahan di Fakultas ini, SALAM ILMIAH……..!!!!, BERSAMA KSI………!!!!!!!!! Tunjukkan Kalau Kita Punya Aksi!!
Mohon maaf atas segala kekurangan, terimakasih...
wassalamu’alaikum wr.wb………..
- Yuan Harnawan P

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Festival Kuliner UNS 2012

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-36, UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPTP2B) akan menyelenggarakan  One Day Festival . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di halaman UPT P2B UNS. One Day Festival   merupakan program UPT P2B yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Asia, Eropa dan Amerika. Festival ini dikemas dalam bentuk bazzar makanan, minuman, kerajinan, busana dan lomba. Adapun lombanya adalah lomba kupas apel, lomba menggunakan sumpit, dan lomba origami. Kegiatan akan diselenggarakan mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB di halaman UPT P2B pada hari Sabtu, 10 Maret 2012. Don't miss it!!! Sumber:  upt p2b uns