Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Friday, April 29, 2011

Kunjungan ke LSP FKIP, 26 April 2011

Kunjungan Perdana ke Lingkar Studi Pendidikan (LSP) FKIP

Selasa, 26 April 2011 Bidang Humas – Public Relation mengadakan acara x yang bertujuan untuk menjalin silahturahmi sekaligus ‘study banding’ ke UKM sejenis di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang bergerak di bidang keilmiahan mahasiswa dengan nama UKM Lingkar Studi Pendidikan (LSP).

Pada acara tersebut, terjadi saling tukar pikiran antara Kelompok Studi Ilmiah (KSI) dengan Lingkar Studi Pendidikan(LSP) yang membahas tentang bagaimana, apa itu LSP dan KSI. 

Thursday, April 28, 2011

MoU UNS-Menristek untuk Perkuat Jejaring Sistem Inovasi

Salah satu elemen penting dari penguatan sistem inovasi adalah kerjasama dengan pihak perguruan tinggi dan universitas. Perguruan tinggi dapat berperan sebagai litbang, penyedia SDM serta mitra pemerintah dan masyarakat. Jejaring yang dibangun melalui universitas merupakan salah satu elemen penting dalam merangkai sebuah sistem inovasi yang efektif dan baik.

Oleh karena itu, pada 26 April 2011 telah ditandatangani MoU antara Kementerian Riset dan Teknologi yang diwakili oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek, Idwan Suhardi dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang diwakili oleh Kepala LPPM UNS, Sunardi  dengan disaksikan oleh Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata dan Rektor UNS, Ravik Karsidi.

Menristek Suharna yang juga berkesempatan untuk menyampaikan Kuliah Umum tentang "Penguatan Jejaring Inovasi Daerah" menyatakan bahwa komunitas iptek terutama yang ada di perguruan tinggi haruslah memahami tentang kebutuhan daerah. “Komunitas peneliti haruslah memahami kebutuhan daerah, potensi daerah dan bagaimana meningkatkan daya saing daerah sehingga dapat berkompetisi”, ujar Suharna. Hal tersebut haruslah menjadi agenda bersama, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Di sinilah jejaring peneliti yang ada di pemerintahan, perguruan tinggi, masyarakat dan industri harus dapat saling bekerjasama dan bersinergi.

Merujuk kepada World Economic Forum Report, peringkat inovasi dan kesiapan teknologi Indonesia mengalami ketimpangan. Secara kemampuan inovasi Indonesia sudah menunjukkan hasil yang baik namun  kesiapan industri dalam menyerap teknologi guna meningkatkan produktifitas masih sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa secara kemampuan SDM Indonesia sudah mampu menghasilkan berbagai inovasi namun ada missing link antara peneliti/inovator dengan industri. Penguatan jejaring merupakan salah satu solusi bagi permasalahan tersebut.

Pemerintah saat ini sedang melakukan pemodelan dari sistem inovasi yang dapat menggambarkan proses dari sistem tersebut termasuk peran jejaringnya. “Pemerintah saat ini sedang membangun model-model. Kementerian Ristek dan Kementerian lainnya sedang membangun model Sistem Inovasi Nasional. Salah satunya adalah dengan merevitalisasi Puspiptek dan mengajak perguruan tinggi dan mahaiswa untuk terlibat ”, ujar Suharna.

Menristek juga menuturkan bahwa dalam penguatan jejaring kita juga harus membuka peluang terhadap kerjasama-kerjasama internasional. Penguatan jejaring juga menjadi penting dalam kaitannya dengan koridor-koridor ekonomi dalam Master Plan Transformasi Ekonomi 2025. “Diharapkan dengan adanya jejaring yang baik dalam setiap dan antar koridor ekonomi tersebut, peran akademisi, lemlitbang, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dapat terlihat dalam sebuah sistem”, tegas Suharna.

“Dengan koridor yang ada, penguatan kapasitas iptek dan konektivitas yang kita lakukan mudah-mudahan kita secara bersama-sama dapat mewujudkan apa yang kita inginkan yaitu Indonesia sejahtera, maju, mandiri dan berkeadilan”, ujar Suharna mengakhiri kuliah umumnya. (ad-im/dep5/humasristek)

Kementerian Riset dan Teknologi Dukung Teknologi Pengolahan Tanaman Obat di Karanganyar

Kabupaten Karanganyar semakin memantapkan diri sebagai daerah sentra penghasil tanaman obat atau empon-empon. Berbagai jenis tanaman obat siap dikirim untuk memenuhi kebutuhan pabrik jamu di seluruh Indonesia. Klaim sebagai daerah penghasil empon-empon itu dibuktikan saat Menteri Riset dan Teknologi, Suharna Surapranata berkunjung ke Desa Sambirejo, Kecamatan Jumantono, Karanganyar, 26 April 2011.

Wednesday, April 27, 2011

Menristek: Speklok Harus Ditumbuhkan dalam Upaya Membangun Bangsa

Inovasi merupakan salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tidak ada satu pun bangsa maju di dunia ini yang mencapai kesuksesannya tanpa memanfaatkan inovasi. Inovasi tidaklah harus selalu berkaitan dengan penciptaan suatu produk yang canggih, namun lebih kepada bagaimana membuat suatu pekerjaan itu menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah.

Tuesday, April 26, 2011

Pemberitahuan Pelaksanaan Monitoring Evaluasi (MONEV) PKM Internal UNS

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian dalam rangka mempersiapkan mahasiswa menghadapi Monitoring dan Evaluasi (MONEV) dari Dirjen Dikti Kemendiknas pada minggu k-3 bulan Mei tahun 2011, Biro Kemahasiswaan UNS akan mengadakan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Internal Program Kreatifitas Mahasiwa (PKM) pada Hari Selasa s.d Kamis, tanggal 26 s.d 28 April 2011 di Gedung Mawa Lt.2 UNS.
Diharapkan masing-masing kelompok PKM mempersiapkan dokumen:
  1. Laporan kemajuan. Struktur Laporan Kemajuan lihat di Pedoman PKM 2010 revisi kedua hal  23 (contoh laporan kemajuan dan contoh covernya)
  2. LogBook dan IKJP (contoh LogBook dan IKJP dan contoh cover )
Ditambah proposal usulan, presentasi (silde dan handout), serta produk (bila ada).....
Pelaksanaan MONEV Internal disesuaikan undangan.

Monday, April 25, 2011

Rincian Dana 4 Bidang PKM yang Disetujui Dikti

Berdasarkan lampiran surat Perjanjian Pelaksanaan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2011, Universitas Sebelas Maret memperoleh Rp. 1.848.477.250,- dari hasil Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa 4 bidang sejumlah 322 proposal yang terdiri dari 45 PKMK, 22 PKMT, 102 PKMM, dan 153 PKMP. Hasil ini mengalami kemajuan dibandingkan dengan tahun yang lalu dimana tahun 2010 berjumlah 211 proposal yang terdiri dari 53 PKMK, 11 PKMT, 23 PKMM, dan 124 PKMP.

Berikut rincian dana pkm yang disetujui.

Sunday, April 24, 2011

SemNas dan Satelitte Meeting HITI “UPAYA PEMULIHAN LAHAN AKIBAT ERUPSI GUNUNGAPI”.

Adanya isu hangat mengenai dampak dari erupsi gunungapi, khususnya Gunung Merapi yang sudah lebih dari 2 bulan sejak terjadi erupsi masih meninggalkan permasalah-permasalahan dan pertanyaan untuk perbaikan ataupun pencegahan bencana di kemudian hari serta dalam rangka Dies Natalis Universitas Sebelas Maret Surakarta ke 35 tahun, Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional dan Satelitte Meeting dengan tema “UPAYA PEMULIHAN LAHAN AKIBAT ERUPSI GUNUNGAPI”.

Saturday, April 23, 2011

Lomba Inovasi Pemuda Untuk Kesejahteraan Rakyat

[Deadline: 14 Mei 2011]

Salah satu strategi dalam pengembangan potensi pemuda adalah menciptakan technoprener yaitu usaha dibidang perekonomian yang berbasis pada pemanfaatan iptek. Pemerintah berkewajiban untuk menumbuhkan minat pemuda untuk menjadi technopreneur dan menjadi pelopor/penggerak perekonomian di suatu daerah.  Dengan tumbuhnya technoprener baru diharapkan dapat tumbuhnya industri-industri baru yang berbasis pada pemanfaatan iptek. 

Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tahapan seleksi, pelatihan dan pelaksanaan lapangan.  Khusus tahapan seleksi akan dibagi menjadi 2 tahap yaitu seleksi tahap 1 dan tahap 2.


Kegiatan ini bertujuan untuk :
  1. Menumbuhkan minat pemuda agar dapat menjadi technopreneur melalui kreativitas dan inovasi pemuda.
  2. Memanfaatan iptek yang bernilai ekonomis untuk dapat dikembangkan oleh pemuda sehingga dapat berperan dalam perekonomian di suatu daerah
Aktivitas/Kegiatan
Waktu
Sosialisasi/Pengumuman Web
22 April -  14 Mei 2011
Penerimaan proposal hanya melalui email, maks. pukul 24:00
25 April – 14 Mei 2011
Seleksi proposal tahap I
16 – 28 Mei 2011
Pengumuman I
30 Mei 2011
Training
6  – 18 Juni 2011
Seleksi setelah revisi proposal
17 – 18 Juni 2011
Pengumuman pemenang
22 Juni  2011
Proses Administrasi
(inc penyiapan perusahaan)
Juli – Agustus 2011
Pelaksanaan Kegiatan Lapangan
September – Nopember 2011
Laporan Awal
1 – 3 Oktober 2011
Monitoring Kegiatan (site visit)
16 – 30 Nopember 2011
Laporan Akhir
1 – 10 Desember 2011
Ketentuan Peserta
  1. Peserta terdiri dari tim beranggotakan 3 – 5 orang.
  2. Peserta berasal dari semua kalangan dengan batasan usia maksimal 30 tahun
Ketentuan Proposal
  1. Isu yang diangkat berbasis potensi unggulan dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan IKM di daerah.
  2. Kegiatan yang akan dilakukan harus menghasilkan produk/jasa yang mengandung unsur teknologi, memakai cara atau kombinasi keduanya.
  3. Mencantumkan business plan yang mencakup pengembangan produk s.d perencanaan/pelaksanaan bisnis dengan sasaranya adalah tumbuhnya technopreneur dari kalangan pemuda.
  4. Teknologi yang akan digunakan bersifat proven technology
  5. Teknologi yang akan diterapkan dapat berasal dari hasil litbang sendiri atau sumber lain. 
  6. Proposal dikirim melalui email ke Technopemuda@ristek.go.id cc ke technopemuda2011@gmail.com (maks 5 MB), subject email: technopemuda_judul proposal

Friday, April 22, 2011

Rintisan AKSI (Aplikasi Karya KSI) by dept. Ristek bidang Keilmiahan

Untuk mengawali jejak Ristek di KSI, Ristek akan mengadakan AKSI (Aplikasi Karya KSI) hari ini, Kamis 21 April 2011 di sekre dengan agenda kegiatan pembuatan Hidrogel.
merupakan awalan kegiatan untuk menuju simpel riset nantinya....

Thursday, April 21, 2011

KSI goes to Car Free Day, 17-04-2011


Minggu pagi, tanggal 170411 KSI  melakukan aksi rame-rame ke Car Free Day di jalan Slamet Riyadi Solo. Bukan untuk demo, melainkan dengan aksinya melalui pembagian permen ke orang-orang yang jalan disertai pesan yang disampaikan dalam secarik kertas kecil untuk mengampanyekan peduli lingkungan. Tujuannya tidak lain adalah untuk sounding of KSI yang merupakan misi KSI 2011 yang pertama, sekaligus sebagai bukti kepedulian KSI dan dukungan KSI akan kampanye car free day yang dapat mengurangi polusi udara asap kendaraan. Semoga bermanfaat dan KSI banyak dikenal orang....

Wednesday, April 20, 2011

Teknik Penumbuhan Biji Anggrek Hasil Persilangan pada Media Kultur

*Oleh: Ir.Sri Hartati, MP (PeerGroup Puslit Biotek Biodiv)

Tanaman anggrek merupakan tanaman khas Indonesia yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu jenis anggrek Indonesia yang merupakan kebanggaan nasional adalah anggrek bulan (Phalaenoposis). Jenis ini terdiri atas 60 spesies, 22 diantaranya tumbuh alami di Indonesia. Plasma nutfahnya tumbuh alami di Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Kendati sebagai gudangnya anggrek Phalaenopsis, belum banyak silangan yang dihasilkan oleh Indonesia.

Monday, April 18, 2011

Lomba Inovasi Teknologi Sederhana (LITS) 2011, RISTEK UB

Berikut ini adalah pengumuman Lomba Inovasi Teknologi Sederhana (LITS) 2011 yang telah direvisi tanggal 6 April 2011. A. KETENTUAN :
• Peserta lomba adalah mahasiswa D3 atau S1 Perguruan Tinggi yang masih aktif.
• Biaya pendaftaran Rp 75.000 (tiap proposal). Ditransfer ke rekening Bank Mandiri, No.Rek 1440010112784 a.n Lathifatul Rosyidah
• Peserta terdiri dari perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang)
• Karya merupakan karya sendiri/orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan (disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan yang ada dalam lampiran panduan ini)
• Setiap tim harus membuat dan mengirimkan proposal hasil inovasi teknologi sesuai dengan karyanya sendiri. Format penulisan proposal dapat dilihat di lampiran.
• Setiap tim wajib:
- Mengisi formulir pendaftaran secara online di website resmi Ristek Universitas Brawijaya http://ristek.ub.ac.id/ dengan menyertakan file proposal format PDF (upload file).
- Mengumpulkan tiga berkas proposal dengan sampul kertas buffalo warna biru muda dan plastik mika warna biru ke alamat : Ristek EM Gedung LKM UB Lt.2 Jalan Veteran 06C Kota Malang, Jawa Timur Kode Pos 65145
• Pengumpulan karya harus menyertakan formulir pendaftaran dan fotokopi identitas diri sebagai mahasiswa (KTP/KTM) yang masih berlaku, serta 2 lembar pas foto peserta ukuran 4×6.

• Bidang Lomba Inovasi Teknologi Sederhana bisa meliputi :
 Peralatan Teknologi Sederhana Tepat Guna
Membuat peralatan teknologi sederhana atau pemanfaatan barang bekas menjadi teknologi tepat guna.
 Elektronika
Memperkenalkan energi listrik dan semua peralatan berbasis listrik yang bermanfaat bagi manusia serta melakukan percobaan sains untuk menghasilkan energi listrik.
 Software/Perangkat Lunak
Pembuatan program berbasis pendidikan yang bisa di terapkan dalam membantu permasalahan masyarakat.
 Teknologi berbasis lingkungan
Alat yang bisa mengatasi permasalahan lingkungan.
Contoh : Teknologi Penyediaan Air bersih, Teknologi Pemanfaatan limbah, Teknologi Penghemat listrik.
• Berkas proposal peserta kemudian akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan 10 finalis.
• 10 finalis yang telah lolos tahap seleksi awal diharuskan merealisasikan karya ( berupa alat atau produk progam ) mereka untuk dipresentasikan dihadapan dewan juri.
• Pengurangan penilaian dan diskualifikasi akan dilakukan apabila terjadi pelanggaran dan kecurangan selama mengikuti lomba ini.
• Pemenang akan diumumkan pada puncak acara seminar teknologi (5 Juni 2011), dan bagi yang juara akan diberikan hadiah.
B. KRITERIA PENILAIAN LOMBA
1. Kesesuaian dengan tema
2. Sistematika penulisan proposal
3. Orisinalitas ide
4. Nilai guna dan ramah lingkungan
5. Cara dan Hasil Pengoperasian
6. Performa presentasi karya
7. Inovasi dan Kreativitas
8. Desain dan Estetika
9. Nilai ekonomis
C. PELAKSANAAN LOMBA
1. Dari seluruh peserta akan diseleksi 10 finalis pada Penjurian Tahap I.
2. Pemanggilan 10 finalis akan dilakukan melalui surat resmi lewat e-mail dan akan dimuat dalam website Ristek Universitas Brawijaya.
3. Peserta yang dinyatakan lolos sebagai finalis wajib hadir pada waktu yang telah ditentukan panitia untuk mengikuti Penjurian Tahap II ( Presentasi Makalah dan Demo Produk ).
4. Penjurian Tahap II akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2011.
5. Panitia menanggung biaya penginapan 3 orang peserta dari setiap kelompok finalis sesuai ketentuan yang telah ditetapkan panitia.
D. SELEKSI
1. Seleksi Awal
o Batas Penerimaan Proposal di sekretariat gedung LKM UB lt.2 : 15 Mei 2011 (cap pos).
o Tahap Seleksi Proposal : 20 Mei 2011 – 24 Mei 2011
o Pengumuman 10 Proposal terbaik : 25 Mei 2011
2. Seleksi Lanjutan
Seleksi lanjutan dilaksanakan di Gedung Widyaloka Lt. 2, Universitas Brawijaya, malang
o Batas akhir penerimaan prototipe alat : 3 Juni 2011
o Peragaan prototipe alat di depan Juri dan pengumuman pemenang : 4 Juni 2011
E. HADIAH LOMBA
Pemenang akan mendapat uang tunai masing-masing sebesar :
Juara I : Laptop + Rp 1.000.000,00 + Tropi
Juara II : Rp 2.500.000,00 + Tropi
Juara III : Rp 1.500.000,00 + Tropi
Finalis : Souvenir
F. FORMAT PROPOSAL
a. Judul
b. Identitas pengusul proposal (nama, nomor HP, alamat lengkap, instansi)
c. Latar belakang proposal yang dikembangkan
d. Manfaat
e. Spesifikasi (ukuran, bahan dan biaya pembuatan)
f. Cara kerja
g. Kelebihan dan kelemahan
h. Lampiran (berupa gambar/foto/compact disc (CD) dan informasi lain yang dirasa perlu).
Link :
1. Panduan Lomba Inovasi Teknologi Sederhana 2011_rev 6 April 11
2. Pendaftaran Online
Hubungi Kami :
Gedung LKM UB lt.2 Jalan Veteran 06C Malang Telp (0341) 575751
Email: ristek@ub.ac.id Website: http://ristek.ub.ac.id
Contact Person : 087859669435 (Ida)
085236267727 (Izzur)

Sunday, April 17, 2011

MIE SAGU: Mie Sehat Berbahan Lokal

“Data tahun 2009 menunjukkan bahwa setiap orang Indonesia mengkonsumsi mie 73 bungkus/tahun dan terus meningkat sebesar 6%. Ini menjadikan Indonesia merupakan negara terbesar ketiga pengkonsumsi mie di dunia. Pada tahun 2008 saja, nilai impor terigu kita (Indonesia -red) sudah mencapai 22,5 triliun rupiah, dan akan terus meningkat karena tanaman gandum yang merupakan bahan baku terigu tidak dapat tumbuh di Indonesia,” kata Bambang Hariyanto, perekayasa di Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) BPPT (12/4).

Saturday, April 16, 2011

Peran Pers Lokal dalam Menunjang Pembangunan Pertanian

Peran Pers Lokal dalam Pembangunan

Lantas, bagaimana pers lokal sejauh ini memainkan perannya dalam mendukung pembangunan, khususnya pembangunan pertanian di suatu daerah? Layaknya pers berskala nasional, pers daerah juga mengedepankan lima fungsi pers yakni sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial serta pers sebagai lembaga ekonomi. Dalam konteks lima fungsi itulah, pers lokal memainkan peranannya untuk mendukung pembangunan. Politik keredaksian yang dipegang adalah jurnalistik pembangunan, yang dalam aplikasinya diterjemahkan berbeda-beda oleh masing-masing institusi pers. Chairul (1996), menjelaskan jurnalistik pembangunan adalah bentuk atau gaya jurnalistik yang memiliki semangat optimistik bahwa perbaikan kehidupan masyarakat dan kemajuan dilakukan dengan berbagai kegiatan yang terencana oleh pemerintah dan masyarakat. Jurnalistik pembangunan bersifat menumbuhkan semangat persuasif dan partisipatif yang dapat membangkitkan gairah kerja. Jurnalistik pembangunan tidak hanya membicarakan kisah sukses namun juga tantangan, rintangan, halangan dan kegagalan . Semua ditampilkan secara proposional sehingga bisa kegagalan bisa diperbaiki.

Pola-pola peran yang dibangun pers lokal dalam mendukung pembangunan pertanian di antaranya:
1. Mengangkat problem petani atau pertanian teraktual
2. Mengkomunikasikan problem petani ke pemerintah
3. Mengangkat potensi wilayah atau daerah tertentu
4. Fasilitasi pemerintah daerah dalam rubrik interaktif
5. Artikel dan Surat Pembaca
6. Iklan advertorial

Dari berbagai ulasan di atas, bisa ditarik benang merah bahwa pers daerah berkembang sangat pesat dewasa ini. Perkembangan ini tentunya sangat positif dalam kerangka pers sebagai media penunjang pembangunan, termasuk pembangunan pertanian. Hal yang menjadi permasalahan adalah bagaimana mengoptimalkan peran pers daerah sehingga informasi yang disampaikan benar-benar bisa menunjang pembangunan pertanian di Indonesia. Untuk mengatasi hal itu, perlu ada optimalisasi peran pers dari sisi internal dan upaya mendorong pers agar memiliki concern terhadap isu pertanian.

Optimalisasi internal bisa dilakukan dengan perbaikan SDM pekerja pers agar mampu memahami berbagai isu seputar pertanian, dengan demikian pekerja pers dapat mengemas atau mengolah isu pertanian sehingga pertanian terlihat seksi tidak kalah dengan isu-isu lain. Perlu adanya dorongan dari luar instusi industri pers untuk meyakinkan bahwa isu pertanian pun akan menarik jika bisa dikemas dengan manarik. Masyarakat pertanian pun harus aktif mengirimkan artikel terkait dengan problem pertanian dan pemecahannya, sehingga segala hal terkait dengan bidang ini bisa dikomunikasikan kepada masyarakat luas.


Oleh: Heru Ismantoro*
disampaikan dalam Diskusi Publik Big Event KSI 2010

Friday, April 15, 2011

Pelantikan Rektor UNS Oleh Mendiknas

Bertempat di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional RI di Jakarta, hari ini, 13 April 2011 Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. dilantik oleh Mendiknas RI sebagai Rektor UNS untuk masa jabatan Periode 2011-2015 melanjutkan tongkat kepemimpinan Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, dr., Sp. KJ (K). yang telah mengemban tugas sebagai Rektor UNS selama dua periode (2003-2007 dan 2007-2011).

Dalam acara pelantikan ini, selain dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan juga dilaksanakan serah terima jabatan yang ditandai dengan penyerahan Memorandum Akhir Jabatan (MAJ) Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, Sp.KJ (K) kepada Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Penyerahan MAJ tersebut dimaksudkan selain sebagai akuntabilitas kinerja Rektor terhadap capaian kinerja yang telah berhasil dicapai, juga untuk menyampaikan berbagai isu strategis yang masih perlu dihadapi dan diatasi oleh Rektor yang baru. Bersamaan dengan pelantikan Rektor UNS ini juga dilantik 4 Rektor dan 1 Direktur perguruan tinggi yang laIin, yaitu: Rektor ITS, UNPAD, Universitas Tanjung Pura, Universitas Pendidikan Ganesha Bali, dan Direktur Politeknik Lokseumawe Aceh. Pelantikan Rektor ini dihadiri oleh Jajaran Pejabat Kemen-terian RI dan Pejabat-pejabat dari universitas terkait. Dari UNS, ikut hadir: Para Pembantu Rektor, Kepala Biro; Kepala Kantor Humas dan Kerjasama. 

(Bagian Sistem Informasi UNS)

Thursday, April 14, 2011

Pengendalian Ulat Bulu Tidak Sulit dan Sudah Dilakukan


Menteri Pertanian Dr. Suswono dalam konferensi pers di Kementerian Pertanian Jum'at 8 April 2011 menyampaikan bahwa ledakan hama ulat bulu khususnya di Probolinggo, Jawa Timur tidak mengganggu tanaman padi dan jagung dan hanya menyerang 1,2% dari populasi pohon mangga di wilayah tersebut. Penyebab ledakan hama ulat bulu tersebut karena perubahan faktor pembatas seperti perubahan kondisi lingkungan dan penurunan jumlah predator antara lain semut rangrang dan burung yang banyak ditangkap.

Pengendalian hama ulat bulu ini sebenarnya tidak sulit dan sudah dilakukan.. Upaya pengendalian yang disarankan adalah : 1) Pengamatan populasi ulat bulu pada permukaan daun bagian bawah diperlukan agar populasinya dapat dipantau sesegera mungkin; 2) Pengasapan, pengumpulan dan pemusnahan ulat dan pupa sangat dianjurkan; 3) Penggunaan agen hayati Metarhizum sp, Beauveria sp. atau Verticillium sp; 4) Penyemprotan insektisida yang efektif dilakukan secara massal dan serentak; 5) Langkah pengendalian jangka panjang dilakukan identifikasi lebih lanjut tentang biologi ulat, agroekologi ulat.

Berdasarkan pengamatan peneliti BPTP, BPTPH Jawa Timur dan IPB di lapangan, menyebutkan bahwa ulat bulu yang menyerang di Kabupaten Probolinggo terdiri dari 2 spesies dari famili Lymantriidae yakni Lymantria marginata dan Arctornis submargarita.

** litbang.deptan

Wednesday, April 13, 2011

Foto Edition RAKER KSI 2011 #1

Strategi Mempertahankan Multifungsi Pertanian Di Indonesia

Pengetahuan dan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap multifungsi pertanian masih rendah. Fungsi pertanian yang paling dikenal masyarakat adalah sebagai penghasil produk pertanian, seperti padi, palawija, dan hortikultura, yang nilai ekonomisnya lebih rendah dari nilai kegunaan di luar pertanian, seperti untuk industri, pertambangan, perdagangan, dan permukiman. Hal tersebut, ditambah dengan kondisi sosial-ekonomi masyarakat pedesaan yang memerlukan pendapatan segera dan pemikiran tentang fungsi pertanian hanya dalam jangka pendek, menyebabkan konversi lahan diterima sebagai hal yang wajar, dan bukan sebagai masalah hilangnya multifungsi pertanian.


Faktor lain yang mendorong percepatan proses konversi lahan pertanian adalah pembangunan sektor lain yang membutuhkan lahan siap pakai terutama ditinjau dari karakteristik biofisik dan asesibilitas, yang umumnya terpenuhi oleh lahan pertanian beririgasi. Selain itu, kuantitas dan kualitas multifungsi pertanian menjadi berkurang dengan terjadinya degradasi lahan pertanian yang diakibatkan oleh banjir, longsor, erosi tanah, dan sebagainya.
Faktor-faktor pendorong hilangnya atau berkurangnya multifungsi pertanian tidak mungkin diubah hanya oleh masyarakat pengguna lahan pertanian, tetapi memerlukan fasilitas dan kebijakan pemerintah dengan strategi yang tepat dan tegas, namun harus sesuai dengan hukum yang berlaku. Strategi utama untuk mempertahankan multifungsi pertanian di Indonesia adalah: 1) meningkatkan citra pertanian dan masyarakat tani, 2) mengubah kebijakan produk pertanian harga murah, 3) meningkatkan apresiasi terhadap multifungsi pertanian, 4) meningkatkan upaya konservasi lahan pertanian, dan 5) operasionalisasi penetapan lahan pertanian abadi sesuai Revitalisasi Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Tuesday, April 12, 2011

Wow, Hibah Peneliti Muda Rp 300.000.000!

Berita gembira bagi para peneliti muda Indonesia. Dalam rangka memperingati HUT-nya ke-60, Biro Oktroi Roosseno (BOR) memberikan bantuan dalam bentuk hibah dengan jumlah total Rp 300.000.000 untuk empat pemenang atau senilai Rp 75.000.000 untuk setiap proposal penelitian.

Penawaran ini sudah dibuka bagi para peneliti muda Indonesia berusia maksimal 45 tahun tepat pada 22 Juni 2011 nanti. Kandidat bisa seorang peneliti utama, peneliti, dan pembantu peneliti, yang merupakan warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia.

Disyaratkan, peneliti utama hanya berhak mengajukan satu proposal penelitian, bersama dengan biodata yang menunjukkan track record keunggulannya sebagai seorang peneliti di bidang Pemanfaatan Energi Alternatif, Peningkatan Ketahanan Pangan, serta Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati.

Perlu diketahui, penawaran ini ditujukan untuk peneliti muda yang telah mapan di bidang penelitian yang ditekuni dan memerlukan dukungan dana untuk aspek tertentu dalam penelitiannya (on going research project) yang diusulkan wajib dilakukan di sebuah fasilitas penelitian di Indonesia dan hasilnya dapat berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagi yang berminat, proposal yang telah lengkap dan biodata yang menunjukkan track record keunggulan sebagai peneliti harus sudah diterima BOR paling lambat 10 Mei 2011 pukul 17.00 WIB ke alamat: Biro Oktroi Rooseno-Kantor Taman A9, Unit C1-C2/Mega Kuningan, Jakarta Selatan-Jakarta 12950/PO BOX. 4585-Jakarta 10001

Telp: 021-5762310 (Hunting)/E-mail: research2011.bor@gmail.com.
Informasi lengkap mengenai syarat dan prosedur pendaftaran serta mekanisme seleksi bisa dilihat di situs Dikti Kemdiknas di http://www.dikti.go.id/. Pemenang akan diumumkan pada 14 Juni 2011.

Monday, April 11, 2011

Foto Pengurus KSI Periode 1997-1998


GENERASI EMAS KSI

Semangat luar biasa, perjuangan dan pengorbanan yang tinggi....

Semangat membangun pondasi KSI di Fakultas Pertanian...

Semangat kekeluargaan yang dipupuk dari generasi ke generasi.....

Semangat yang terangkum dalam keluarga besar Kelompok Studi Ilmiah...!!!

Sunday, April 10, 2011

Pesan dari Alumni

Assalamua'laikum....

bidangnya PPA (Pengmbangan Potensi Akademik) dan PPO (Pengembangan Potensi Organisasi) itu seingat kabidnya.

btw pesannya:
1. sempatkanlah menanam, apapun itu...
Rasulullah bersabda:
"meskipun hari telah terjadi kiamat, jika ditanganmu terdapat biji kurma, maka sempatkanah menanam"

"barangsiaapa menanam, baginya apa yang ditanamnya merupakan sedekah, buah yang dipetik dan dijualnya adalah sedekah, buah yang dimakannya sendiri adalah sedekah, buah yang dimakan hewan adalah sedekah, keteduhannya adalah sedekah, oksigen yang dihasilkannya adalah sedekah, burung dan hewan yang dapat bertengger di sana adalah sedekah, bahkan buah yang dicuri orang lainpun menjadi sedekah

iktibar: betapa besar pahala yang diberikan Allah kepada orang yang suka menanam.
betapa besar manfaat tanaaman bagi mahluk hidup.

sediakanlah oksigen, dan air yang terjaga,  untukmu dan anak cucumu..


2.
jagalah lingkungan, terutama jangan membuang plastik sembarangan. jika ada sampah plastik berserakan di jalan buang ditempat sampah.

sebuah kisah nyata: belajar dari orang Jepang.

ketika ada seorang jepang datang ke Indonesia dilihatnya kertas sobek potongan kecil-kecil bercecean, dia memungutinya dan membuangnya ke tempat sampah, tanpa malu dan ragu. pdahal saat itu semua orang yang ada disana cuwek dan membiakan sampah tsb, apalagi memungutnya malu...


3.bekerjalah dengan bersungguh-sungguh dan tunaikan amanah

kisah di negeri jepang. saat suasana bekerja di kantor pemerintah

orang-orang jepang jika bertemu di jalan bertegur sapa dengan ramahnya, bahkan demikian pula ketika berpapasan ketika menuju kantor. namun ketika mereka tiba di kantor, mereka langsung duduk, dan mengerjakan tugas-tugasnya dengan bersungguh-sungguh. dan ketika ada salah satu temannya yang bercanda/ memulai pembicaraan  yang tidak berguna, maka mereka mengatakan "
YOU CRAzZy" sambil mengacungkan jari pada dahinya mengisyaratkan kata (gila/sinting)

"
Kamu gila. untuk generasi bangsa, dan masa depan bangsa kamu malah bermain-main dan bercanda"
sudahkah kita berkaca spt mereka??


4.
turn off the light/ energy if not nesassary, for young generation
matikan lampu jika tidak digunakan,  hematlah air, mnyak, gas, bensin,termasuk listrik jangan terlalu bnyak fb an(boros uang dan listrk) dsb.  untuk generasi yang akan datang/cucu2 kita. supaya mereka masih dapat menikmati apa yang kita rasakan.
jika dekat berjalanlah, tak perlu buang bensin
pahami, resapi, dan amalkan !!!

tolong sampaikan ke teman-teman dan adik smua
trimaksih, moga bermanfaat jazakumullah khoiron katsiro

Salam.
HN@
santi nusantara

Saturday, April 9, 2011

Belajar Efektif

  • Bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
  • Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.
    Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
  • Kerjakan dulu mana yang penting.
    Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
  • Anggap dirimu berada dalam situasi "co-opetition" (bukan situasi "win-win" lagi).
    "Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "cooperation" (kerja sama) dan "competition" (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan/ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
  • Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.
    Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut.  Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut.
  • Cari solusi yang lebih baik.
    Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. 
  • Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan. Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.

Friday, April 8, 2011

RAKER (Rapat Kerja) KSI 2011

Untuk semua pengurus KSI periode 2011 hari yang kita nanti telah tiba. Waktu untuk menyusun program kerja yang akan kita laksanakan selama satu periode ke depan di acara RAKER (Rapat Kerja) KSI tanggal 9-10 April 2011 di Ngargoyoso. Mari kita susun kegiatan-kegiatan yang akan kita laksanakan demi perkembangan KSI ke depan dan mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pencapaian tujuan KSI "Mengembangkan Keilmiahan kepada Mahasiswa Fp UNS".


"Bersama KSI, Tunjukkan Kalau Kita Punya Aksi"..... :-)

Generasi ke Generasi Ketum KSI

Generasi ke Generasi Ketua Umum KSI FP UNS 


Biasafil S. N (Agronomi’06) --> Ketum KSI Tahun 2007

Beny Setyawan (Agronomi’06) --> Ketum KSI Tahun 2009

Nuryanti (PKP'07) --> Ketum KSI Tahun 2010

Yuan Harnawan P (AGT'08) --> Ketum KSI Tahun 2011



Thursday, April 7, 2011

Mentan Tandatangani MoU tentang Pengembangan Pertanian untuk Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

Dalam rangka merealisasikan pembangunan pertanian untuk percepatan pembangunan daerah tertinggal, Kementerian Pertanian dan Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal melakukan kerjasama yang diwujudkan dalam bentuk  Memorandum of Understanding (MoU).

MoU tersebut berisi tentang peningkatan kapasitas sumber daya manusia pertanian melalui pendampingan di bidang penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan, pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna, pengembangan dan penguatan kelembagaan, serta pengembangan agribisnis dan agroindustri pedesaan dalam mendukung pengembangan ekonomi daerah tertinggal melalui kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Tuesday, April 5, 2011

439 PKM AI dan GT diajukan ke Dikti


Dari proses pengumpulan PKM Gagasan Tertulis dan PKM Artikel Ilmiah melalui Sistem Pengumpulan Program Kreativitas Mahasiswa terkumpul 439 proposal terdiri dari 42 proposal PKM AI dan 397 PKM GT. Berikut rincinan pengajuan PKM AI dan GT.
FakultasAIGTJumlah
Kedokteran92130
MIPA126880
KIP36871
Ekonomi03636
Sastra dan Seni Rupa077
ISIP055
Teknik21214
Hukum 5149154
Pertanian113142
Jumlah42397439

Kata-kata Motivasi via SMS

Inilah beberapa sms motivasi yang terangkum dari kirimian-kiriman sahabat KSI...

Bertahan...
Walaupun kaki lelah berdiri, walaupun tangan sudah tak kuasa menggenggam, walaupun pundak kelelahan menahan berat, namun kita harus tetap bertahan karena belum sampai tujuan...
(from : Hendrik Komarudin, Nomi 07)

Komitmen...
Langkah awal perjuangan akan segera kita tapaki, bukan hanya kamu atau aku, atau dia yang akan berjalan. Tapi kita akan melangkah bersama menapaki jalan ini.. komitmen mulai diuji. Tunjukkan kesungguhan dan keikhlasan dalam berjuang.
Do the best for Humas, give the best for KSI... Semangat…
(from : Irani, AGT 08)

Ibu…
Ibu melahirkan kita sambil menangis kesakitan… Masihkah kita menyakitinya?
Masih mampukah kita tertawa melihat penderitaannya, melawannya, mengacuhkannya, meninggalkannya??
Ibu tak pernah mengeluh saat malam kita bangun, ibu setia menemani kita walaupun terkadang matanya sudah lelah tapi ibu tetap ada disamping kita, memberikan ASI waktu kita masih bayi, menahan derita menggendong kita seharian.. Sadarilah bahwa di dunia ini tak ada satu orang pun yang rela mempertahankan nyawanya demi kita selain ”Ibu”...
(from : Khasia, 09)

Bermimpilah…
Berpenat lelahlah, karena sesungguhnya kebahagiaan itu ada selepas kepayahan.. Dan yakinlah saudaraku, bahwa kenyataan hari ini adalah impian kita hari kemarin, dan impian kita hari ini adalah kenyataan hari esok,, Maka bermimpilah, karena semiskin-miskin orang adalah orang yang tidak memiliki impian…
(from : Mega DP, Nomi 07)

Bersyukur…
Kekayaan itu ada di hati dan keping kekayaan itu dimulai dengan selalu bersyukur,, dengan kekayaan hati kita akan lebih mudah memberikan empati, lebih mudah untuk memahami, lebih mudah untuk berbagi, dan lebih mudah mendengar dengan sepenuh hati. Semoga kita menjadi orang yang pandai bersyukur… 
(from : Lailani, PKP 07)

Upayakan…
Tabahkan dirimu atas ulah sadarmu,, Pada keretakan, sambunglah.. Saat ia melawan, lembutlah.. Saat ia mengingkari kebenaran, upayakan perbaikan! Saat ia menjauhimu, dekatilah. Pada kekerasannya, lunakkanlah dan saat ia melakukan kesalahan, maafkanlah… 
(from : Beny Setiawan, Nomi 06)

Nasehat saudara…
Sebuah persaudaraan karena Allah takkan hilang dengan mudah karena ia dibingkai dengan keimanan, diisi dengan keikhlasan dan husnudzan, saling menasehati dalam kebenaran… 
(from : Luhur Budi, THP 06)

Ilmu...
Tujuan ilmu sama sekali bukan tentang kenikmatan intelektual, bukan pula mencari puncak pencapaian. Tetapi untuk memperbaiki kualitas hidup, amal, dan menjernihkan pandangan serta arah kehidupan… 
(from : Dewi Ma’rufah, Nomi 06)

Pemimpin...
Kullukum ra’in famas, uulun an raiyyatihi…
(Setiap kamu adalah pemimpin, bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya)
>>> Riwayat Bukhori
(from : Zakaria Husein, Proter 08)

Monday, April 4, 2011

Confess Blog Competition!!!

Dalam rangka menyambut rangkaian acara Confess (Communication for Extraordinary Expression) 2011 di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, kami selaku panitia mengadakan Confess Blog Competition yang diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.
Tema
-Mahasiswa mampu beropini di koran
Syarat Ketentuan
Persyaratan Peserta
  1. Peserta lomba terbuka untuk seluruh Mahasiswa/i aktif Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia yang memiliki blog.
  2. Untuk peserta yang belum memiliki Blog sendiri dapat langsung membuat blog melalui salah satu penyedia layanan Blog gratisan (bebas).
  3. Peserta mendaftarkan diri tanpa biaya pendaftaran dgn mengirimkan soft copy tulisan ke email confessbc@yahoo.com dilengkapi dengan nama lengkap, asal Perguruan Tinggi, Tempat Tinggal sekarang,  No. Hp dan link/url blog Anda yang memuat tulisan tersebut. (Setiap pukul 00.00 daftar peserta akan di update)
  4. Peserta wajib memasang official banner Blog Competition yang telah disediakan pada halaman utama/sidebar blog yang didaftarkan.
Peraturan
  1. Tulisan pada blog yang didaftarkan harus sesuai dengan tema yang dipilih dengan jumlah 4.000 – 5.000 karakter (termasuk spasi) dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Boleh menggunakan istilah-istilah serapan
  3. Tulisan yang didaftarkan harus tulisan yang dipublikasikan pada saat kompetisi sedang berlangsung, bukan tulisan yang sudah dipublikasikan sebelumnya di blog yang didaftarkan atau di blog lain atau di media publikasi lainnya atau hasil plagiarisme.
  4. Peserta harus mencantumkan sumber referensi atau daftar pustaka (apabila mengutip dari buku, artikel ilmiah, atau tulisan orang lain).
  5. Setiap kata mahasiswa ditautkan ke http://mahasiswastan.com
Batas Waktu Pengumpulan/Pendaftaran:
22 April 2011, hasil akan diumumkan pada tanggal  24 April 2011 di website http://mahasiswastan.com, dan Media Kampus STAN “warta kampus”.
Penilaian
  1. Kesesuaian isi dengan tema kompetisi.
  2. Kreativitas dan eksplorasi ide dalam tulisan.
  3. Cara penyajian tulisan dan gaya bahasa.
  4. Posting yang diikutkan harus dipublikasikan pada saat kompetisi sedang berlangsung, bukan posting yang sudah dibuat sebelumnya.
  5. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Hadiah
Juara I   : Rp 1.000.000
Juara II : Rp    500.000
Nb : Sebelum dilakukan penilaian, setiap peserta yang mendaftar akan melewati penyeleksian Persyaratan dan Peraturan.

Sunday, April 3, 2011

Panduan PKM 2010

Pada kesempatan ini KSI ingin berbagi sebuah panduan yang sering dicari oleh teman2 mahasiswa terutama yaitu program kreatifitas mahasiswa yang merupakan program dari Dikti yang menjadi wadah bagi temen-temen mahasiswa untuk menyalurkan kreatifitas mereka.
Program ini, sangat menarik karena bagi mahasiswa yang aktif untuk ikut serta dalam program tersebut biasanya mendapat beberapa dispensasi akademik (seperti bebas SPP atau bebas KKN) dari pihak UNIVERSITAS, dan selain dispensasi tersebut bagi mahasiswa yang mengikuti juga mendapatkan alokasi dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan program yang diajukan tersebut dan biasanya jumlahnya lumayan lah....
Oleh karena itu bagi temen-temen yang masih berstatus mahasiswa ayo ramai-ramai ikutan program kreatifitas mahasiswa....., oh iya buku panduannya bisa langsung di download disini...

Saturday, April 2, 2011

Apa Itu Abstrak??

Sudahkah saudara tahu apa itu abstrak?. Sudahkah anda membaca laporan penelitian?. Ada apa ketika saudara membukanya di halaman- halaman pembuka?. Yup........Betul. Anda akan menjumpai yang namanya Abstrak. 

What is Abstract? Abstrak merupakan uraian ringkas, cermat dan menyeluruh dari isi suatu karangan ilmiah. Abstrak yang baik harus memenuhi syarat – syarat sebagai berikut :
  1. Merupakan uraian singkat, cermat dan menyeluruh sehingga mencerminkan keseluruhan isi judul. Abstrak dapat berdiri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh sehingga dapat dimuat dalam satu majalah yang khusu memuat abstrak.
  2. Tanpa komentar dari pembuatnya diluar apa yang dikemukakan dalam karangan ilmiah.
  3. Dapat dikerjakan orang lain, tetapi sebaiknya dibuat sendiri oleh penulisnya karena ia lebih memahami apa yang disajikan dalam karangan ilmiah tersebut.
  4. Terdapat pada permulaan karangan ilmiah sehingga pembanca segera dapat mengetahui informasi yang disajikan sesuai dengan keperluan.
  5. Isi suatu abstrak sebaiknya jangan melebihi 250 kata atau sekitar 25 baris jika setiap baris terdiri atas 10 kata.
  6. Huruf yang digunakan dalam abstrak sebaiknya berbeda besarnya dengan huruf isi karangan ilmiah.
  7. Sedapat mungkin dihindari pemakaian kalimat aktif, sebaiknya kalimat pasif.
  8. Kepustakaan, singkatan, ilustrasi, grafik dan tabel tak boleh dicantumkan.
  9. Dibawah abstrak sebaiknya dicantumkan kata-kata kunci (key words) sebanyak 3 sampai 10 kata yang kira-kira dapat dipakai untuk mengindeks karangan ilmiah kita dalam karangan ilmiah sejenis. Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan paling menonjol dalam karangan ilmiah.