Langsung ke konten utama

Peluang Usaha Biodiesel Super Dari Pohon Kelapa

Keterbatasan minyak bumi membuat manusia semakin kreatif mengembangkan sumber energi alternatif, seperti yang dilakukan para mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Trisakti yang mengembangkan berbagai energi dari nabati.

Berbagai bentuk energi alternatif nabati itu bisa dilihat di booth Fakultas Teknik Mesin Universitas Trisakti dalam ajang Indonesia International Motor Show di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Salah satu energi alternatif yang dikembangkan mereka adalah biodiesel super atau "water coco fuel", yaitu bahan bakar yang berasal dari buah kelapa sebagai pengganti bahan bakar solar.


Istilah water untuk menunjukkan bahwa bahan bakar ini dihasilkan dari minyak nabati melalui suatu proses, serta adanya tambahan air. Selain menjadi bahan bakar alternatif, bahan bakar ini juga ramah lingkungan.



"Lima kilogram kelapa parut bisa menghasilkan satu liter biodiesel," kata Kholis Puji, mahasiswa semester 6 Fakultas Teknik Mesin Universitas Trisakti yang berjaga di booth. Kholis mengaku "water coco fuel" ini masih dalam tahap pengujian.

Menurut hasil penelitian berbagai minyak nabati memiliki potensi besar sebagai bahan bakar alternatif mesin diesel (biodiesel) karena memiliki karakteristk serupa dengan bahan bakar mesin diesel yang berasal dari minyak bumi (petrodiesel). Selain bahan bakar dari kelapa, mahasiswa Trisakti juga telah mengembangkan energi yang berasal dari biji jarak dan jelantah (minyak goreng bekas). Mereka sudah menguji coba bahan bakar mesin diesel jelantah untuk menempuh rute Jakarta-Bali pada bulan Mei 2010.

Prestasi ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Mahasiswa Trisakti juga pernah menguji coba penggunaan bio etanol sebagai pengganti bensin untuk bahan bakar gokart. Prestasi ini juga mendapat penghargaan dari MURI tahun 2007.

Selain digunakan untuk kendaraan energi alternatif itu juga bisa digunakan sebagai pengganti listrik. Mahasiswa Trisakti pernah dua kali meraih penghargaan MURI sebagai penyelenggara menyalakan lampu pijar dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel bahan bakar alternatif minyak jelantah terbanyak tahun 2007 dan 2005.

Minyak jelantah yang digunakan diperoleh dari restoran. Menurut Reandy, rekan Kholis, mereka membeli minyak bekas dari restoran atau kadang-kadang restoran itu memberikan minyak jelantah secara gratis. Untuk minyak dari biji jarak, Trisakti memiliki perkebunan biji jarak di Sukabumi.

"Keuntungan energi alternatif ini selain ramah lingkungan sumber energi juga bisa diperbarui," kata Reandy. Kalau kita lihat pohon kelapa, selain akarnya cukup kuat tertancap ke bumi, serta batangnya tinggi menjulang ke angkasa, ternyata ia juga menghasilkan aneka banyak manfaat.
Buah kelapa, selain airnya mempunyai rasa yang khas.., bila diminum sangat menyegarkan, apalagi jika diminum pada saat kita kehausan di tengah terik panasnya matahari.. waah.. pasti rasa haus pun akan hilang seketika, terlebih jika dicampur dengan daging buah kelapa yang masih muda, ditambah dengan sedikit gula merah dan juga es batu, atau mungkin yang biasa orang namakan dengan es kelapa muda, tentu rasanya lebih nikmat lagi, bahkan gula merahnya pun di antaranya berasal dari salah satu bagian dari pohon kelapa, walaupun ada juga gula merah yang berasal dari pohon/sumber lain.
Daging buah kelapa yang sudah tua dan mengeras jika diparut dan dicampur air, lalu diperas sampai keluar santannya, maka santan kelapa tersebut berguna sebagai salah satu bahan pengolah makanan yang sangat diperlukan oleh para juru masak serta para ibu rumah tangga, sehingga makanan yang diolah dengannya menjadi lebih gurih serta lebih enak untuk disantap. Perasan tersebut juga bisa diolah untuk menghasilkanminyak kelapa , serta ampasnya bisa menjadi makanan khas yang enak seperti galendo, makanan khas daerah Ciamis yang mempunyai keunikan rasa tersendiri, dan tidak ketinggalan pula dengan apa yang dinamakan virgin coconut oil, yang biasa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.
Batok kelapa. Batok kelapa bisa digunakan untuk aneka keperluan, mulai digunakan sebagai bahan bakar, dibuat arang, bahkan sampai menjadi barang-barang kerajinan yang bernilai tinggi, dan bisa dipajang di rumah-rumah yang besar dan mewah.
Kulit buah kelapa juga tidak ketinggalan, bisa digunakan untuk bahan bakar, dan demikian juga halnya dengan dahan kelapa, kulit batang kelapa, serta akar dari pohon kelapa yang telah ditebang, bisa mempunyai kegunaan yang serupa. Malahan di daerah-daerah pinggiran pantai, mereka tidak merasakan mahalnya kenaikan harga bahan bakar minyak, karena untuk keperluan bahan bakar, mereka biasa menggunakan barang-barang tersebut, dimana barang-barang tersebut banyak tergeletak di kebun-kebun kelapa yang ada di sekitar rumah tempat tinggal mereka, dan mereka pun menyayangkan kalau barang-barang tersebut harus terbuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan.
Daun Kelapa. Daun kelapa yang masih muda atau yang biasa disebut dengan janur kelapa, di daerah-daerah tertentu biasa dipakai sebagai bahan hiasan dalam upacara-upacara khitanan dan pernikahan, juga biasa digunakan sebagai bahan pembungkus nasi kupat, apalagi pada saat hari raya ‘Idul Fitri, telah menjadi tradisi kalau nasi kupat dijadikan sebagai menu makanan utama.
Batang Pohon Kelapa. Batang pohon kelapa sekarang telah menjadi salah satu material untuk bangunan yang harganya cukup tinggi. Kalau dulu orang biasa menggunakannya hanya sebagai bahan pemikul atap rumah, sekarang batang pohon kelapa banyak digunakan sebagai bahan kusen pintu dan jendela, serta membawa nilai estetika/keindahan tersendiri.
Dan masih banyak lagi manfaat pohon kelapa lainnya.
Coba Anda perhatikan, bagian mana kira-kira dari pohon tersebut yang tidak bermanfaat?. Tidak ada bukan..??
Seandainya kita manusia bisa mengambil pelajaran dari pohon kelapa tersebut, tentu kita juga bisa membawa banyak manfaat, bahkan bisa lebih. Selain iman dan keyakinan kita kokoh, cita-cita dan tujuan kita menjulang tinggi, setiap perkatan dan perbuatan kita pun menyejukkan, menyenangkan, membawa manfaat dan kebaikan, serta penuh dengan kedamaian. Bukankah:
“ Khairunnaas ‘anfauhum linnaas (sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi manusia lainnya) “
Tapi mungkin hanya “seandainya” saja yaa? nyatanya, kita masih jauh dari hal demikian. Namun sebenarnya tidak ada hal yang tidak mungkin jika Allah Berkehendak, maka untuk itu sebaiknya kita sama-sama saling mendo’akan, supaya kita pun bisa seperti hal tersebut. Aamiin…(fn/ant/rc)


Sumber :Suara Media

Komentar

  1. Mencari Agen Poker online yang terpercaya? WWW. OPPOP0KER .VIP tempatnya
    Fair play 100% Player vs Player dan banyak bonusnya loh
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda sekarang juga

    BONUS NEW MEMBER 10RB - 20RB
    BONUS DEPOSIT 5%

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di:
    - Livechat : WWW. OPPOPOKER .VIP
    - BBM : 55A40723
    - WA : +6287843026179

    AGEN POKER
    AGEN POKER TERPERCAYA
    BANDAR CEME ONLINE TERBAIK
    BANDAR CEME TERPERCAYA
    BANDAR DOMINOQQ
    FREEBET GRATIS

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EMBRIO DAN IMPLANTASI PADA MAMALIA

A. Fase Embrionik          Tahap awal perkembangan ternak mamalia diawali dengan peristiwa pertemuan/peleburan sel sperma dengan sel ovum yang dikenal dengan peristiwa fertilisasi. Fertilisasi akan menghasilkan sel individu baru yang disebut dengan zygote dan akan melakukan pembelahan diri/pembelahan sel (cleavage) menuju pertumbuhan dan perkembangan menjadi embrio.Tahapan pertumbuhan dan perkembangan embrio dibedakan menjadi 2 tahap yaitu : Fase Embrionik yaitu fase pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup selama masa embrio yang diawali dengan peristiwa fertilisasi sampai dengan terbentuknya janin di dalam tubuh induk betina. Fase fertilisasi adalah pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum dan akan menghasilkan zygote. Zygote akan melakukan pembelahan sel (cleavage) Tiga fase embrionik yaitu : 1. Morula Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.Morulasi yaitu proses t

Teknik Persilangan Bunga Anggrek

Indonesia merupakan pusat keanekaragaman genetik beberapa jenis anggrek yang berpotensi sebagai tetua untuk menghasilkan varietas baru anggrek bunga potong, seperti Dendrobium , Vanda , Arachnis , dan Renanthera , maupun sebagai tanaman pot, seperti Phalaenopsis dan Paphiopedilum . Prospek tanaman anggrek dianggap masih sangat cerah untuk dikembangkan. Namun  potensi  ini  belum  dimanfaatkan secara proporsional, hal ini dapat dilihat dari nilai ekpor anggrek Indonesia yang hanya 3 juta US$ per  tahun. Angka  tersebut  termasuk kecil  jika dibandingkan dengan nilai ekspor Negara tetangga Singapura 7,7 juta US$ dan Thailand 50 Juta US$.  Sementara   potensi   perdagangan   dunia  150 juta US$ per   tahun  (Bank Indonesia 2004). Rendahnya produksi anggrek Indonesia  antara  lain  disebabkan  kurang  tersedianya  bibit  bermutu,  budidaya  yang kurang efisien serta penanganan pasca panen yang kurang baik. Untuk memenuhi permintaan pasar yang cenderung meningkat maka diperlukan ketersedi

Festival Kuliner UNS 2012

Dalam rangka memperingati Dies Natalis UNS ke-36, UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPTP2B) akan menyelenggarakan  One Day Festival . Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 bertempat di halaman UPT P2B UNS. One Day Festival   merupakan program UPT P2B yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Asia, Eropa dan Amerika. Festival ini dikemas dalam bentuk bazzar makanan, minuman, kerajinan, busana dan lomba. Adapun lombanya adalah lomba kupas apel, lomba menggunakan sumpit, dan lomba origami. Kegiatan akan diselenggarakan mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB di halaman UPT P2B pada hari Sabtu, 10 Maret 2012. Don't miss it!!! Sumber:  upt p2b uns