Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2017

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PIM UNS dan PKM 2017

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2017

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2017 periode tahun 2017-2018 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Thursday, June 20, 2013

OPREK PANITIA FAST 2013


Halo teman teman pengurus dan anggota KSI. Ada info baru nih bahwa agenda terbesar 2 tahunan KSI diselenggarakan pada tahun ini lho. Ada yang tau apa itu?? yaitu FAST’13. FAST’13 (Festival Agri-Science and Technology) merupakan serangkaian festival terbesar KSI yang dilaksanakan pada bulan oktober 2013, berisikan serangkaian acaranya meliputi LKTI, Expo Keilmiahan, Talk Show Kewirausahaan dan go to school. Pasti bakal menarik teman - teman, untuk itu kami mengajak teman-teman pengurus dan anggota KSI. Untuk gabung dalam kepanitian FAST 13 ini. Bidang-bidangnya sebagai berikut ini:
1. Sekretaris
2. Bendahara
3. Acara: 
a. LKTI, 
b. Expo Keilmiahan, 
c. Talk Show Kewirausahaan dan 
d. KSI go to School
4. Humas
5. Sponshorship
6. Konsumsi dan P3K
7. Perkap dan Transkam
8. Pubdekdok

Bagi teman-teman ingin mendaftar caranya :
1. Melalui SMS Ketik: FAST’13_NAMA_JURUSAN_ANGKATAN_BIDANG kirim ke 085742941343
Contoh: FAST’13_Subagiyo Joni  Saputra_Agroteknologi 2012_Acara Expo Keilmiahan
2. Mendaftar dengan mengisi formulir di Sekretariatan KSI
Gampang kan??? :D

Ayo gabung teman-teman di kepanitiaan agenda terbesar KSI, FAST (Festival Agri-Science and Technology). Tunjukkan kalau kamu punya aksi.

CP: Yoga : 08997754477
Nurmalita:  085742941343

BERSAMA KSI, TUNJUKKAN KALAU KITA PUNYA AKSI !!!

BE SCIENCE CAN BE FUN ~

     TTD: Panitia




Saturday, June 15, 2013

HOT NEWS "MAHASISWA UNS AJARKAN PRODUKSI DODOL WORTEL"


Sungguh menakjubkan, berikut berita yang kami kutip dari salah satu media massa Koran Sebelas Maret, edisi 14 Juni 2013. Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melatih ibu-ibu di di Dusun Pasah, Desa Senden, Selo, Boyolali, membuat Dodol Wortel Kaya Susu (Dotekasu). Kegiatan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat melalui pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (PKMM Dikti) 2013 dan Program Pemberdayaan Masyarakat Hibah MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia).

Program yang berjudul Dotekasu (Dodol Wortel Kaya Susu): Oleh-Oleh Khas Boyolali Mengoptimalkan Potensi Wortel yang Melimpah di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali ini dilakukan oleh tujuh orang. Mereka adalah Rachmad Adi Riyanto (Alumni Pengurus KSI, ITP 2010), Muhammad Luqman Al Hakim (Alumni Pengurus KSI, ITP 2010), Prakoso Adi (Pengurus KSI 2013, ITP 2012), Puryadi (Pengurus KSI 2013, Peternakan 2012), Arief Eko Priyo Atmojo, Rohandi Latif, dan Husin Nur Arifin.

Mereka merupakan gabungan dari Tim PKMM dan Tim Hibah MITI. Desa Senden mereka pilih sebagai tempat penelitian karena di sana merupakan tempat penghasil wortel. “Di sana wortel hanya dijual segar, padahal jika bisa diolah menjadi makanan akan menambah nilai jual,” ungkap Rachmad Adi Riyanto.

Rachmad mengungkapkan, pada pertemuan pertama 14 April, mereka sebagai tim memperkenalkan diri kepada masyarakat dan menjelaskan program yang akan dilaksanakan ke depannya. Pertemuan selanjutnya 28 April mereka masih membimbing ibu-ibu untuk lebih terampil dalam memproduksi Dotekasu serta memperkenalkan Good Manufacturing Practice (GMP).

Dengan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam memproduksi makanan seperti cuci tangan dengan sabun sebelum memproduksi, tidak meludah sembarang tempat, membuang sampah pada tempatnya, sedikit berbicara ketika mengolah makanan dan pentingnya mengenakan pakaian pelindung diri. “Untuk mendukung pengenalan GMP ini kami membagikan celemek dan masker kepada ibu-ibu yang wajib dipakai ketika mengolah Dotekasu”, lanjutnya.

Pertemuan ketiga 19 Mei mereka dengan ibu-ibu berdiskusi untuk membahas rencana produksi secara massal serta membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Krida Sekar Ayu sebagai pengelola Dotekasu. Selanjutnya pertemuan keempat 2 Juni dilakukan pelatihan produksi.

Mahasiswa jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian (FP) UNS ini menjelaskan produk Dotekasu resmi di-launching pada Rabu (12/6) bertempat di Dusun Pasah. “Dotekasu sudah dilakukan Uji Laboratorium terkait kandungan Beta Karoten dan Proteinnya di Lab Ilmu dan Teknologi Pangan, UNS. Berdasarkan Uji Organoleptik (uji Kesukaan) yang kami lakukan dengan melibatkan lebih dari 30 panelis dengan usia yang beragam menunjukkan bahwa tingkat kesukaan panelis terhadap produk kami tergolong tinggi, sebagian besar menyatakan suka sampai sangat suka,” imbuhnya.

Pembuatan DOKETASU pun cenderung mudah. Saat ini pemasaran masih pre-oder melalui media sosial. Ke depan, tim ini juga akan mengajak ibu-ibu KWT untuk bergerilya dalam pemasaran Dotekasu di tempat-tempat yang strategis.

Demikian sekelumit tentang aksi temen-temen kalian yang sungguh menkajubkan. So buat temen-temen yang ngakunya anak ilmiah, mana aksi kalian buat publik? Ayo buktikan aksimu, kalau kamu memang bisa seperti mereka. Perhatikan dan pahami kata-kata berikut ini:

"Ilmu itu bagaikan pohon yang kalian tanam dan pelihara, namun ia tak akan bermanfaat bagimu dan orang di sekitarnya jika ia tak dapat memberikan buah. Karena ilmu itu bagaikan pohon yang harus kamu jaga dan pelihara, buahnya adalah amal perbuatan yang kamu terapkan dari ilmu yang kamu cari. Buat apa cari ilmu jika tak bermanfaat bagi dirimu dan orang lain."

KSI CLASS OF TEHCNOLOGY "DESIGN GRAFIS"


Hai sobat-sobat ilmiah,,,apa kabar?
Kembali bersama aksi kita di KSI Class of Technology. Penasaran?mari kita simak rangkaian jadwal dan acaranya. Dijamin seru dan gak bikin GAPTEK.


Menindaklanjuti mengenai GO KSI yang terselenggara pada tanggal 31 Mei kemarin, dari kami Bidang PIKMA mengadakan acara buat kalian biar gak gaptek. Salah satu program KSI Class kami adalah KSI Class of Technology yang akan diselenggarakan mulai Kamis, 20 Juni 2013 pukul 15.30 WIB dengan materi "Belajar Design Grafis" bersama saudara kita Muhammad Luqman Al Hakim (ITP 2010) alumni pengurus KSI. Jangan lupa masing-masing peserta membawa laptop sendiri dengan didukung program CorelDraw. Thank You.....

KSI Class ini diselenggarakan satu kali dalam tiap pekannya dengan materi berbeda-beda. So temen-temen jangan terlewatkan dengan program KSI Class ini, bakal rugi dech....


BERSAMA KSI, TUNJUKKAN KALAU KITA PUNYA AKSI

Monday, June 10, 2013

Lomba Menulis Cerpen Cinta Sejati Hadiah 15 Juta: lomba menulis true short story


sedikit bosan menulis ilmiah melulu?.. pengen sekali-sekali nulis yang fiksi? nah, ini ada lomba menulis  cerita fiksi menarik dan berhadiah gede bertajuk "lomba menulis true short story".

Bagi yang punya kisah cinta, ayo ungkapkan cintamu dengan membuat cerpen dan raih hadiah total 15 juta rupiah untuk 20 pemenang. Cintamu juga bisa jadi duit lohh :) Juga ada undiannya buat yang ikut lomba cerpen ini untuk memperebutkan sebuah netbook.

nama kontes:  lomba menulis true short story

deadlinenya:   31 Juli 2013 cap pos

hadiahnya:  total 15 juta rupiah untuk 20 pemenang
 25 pengirim pertama akan mendapatkan gift menarik
Di luar pemenang, masih akan dipilih 100 cerita menarik dan akan diterbitkan
Seluruh peserta lomba akan diundi untuk memenangkan Grand prize 1 buah netbook

pemenang diumumkan:    30 September 2013

syarat serta ketentuan:  


Cerita bertema “Cinta dan Kesetiaan”
 

Panjang cerita maksimal 3 halaman A4 diketik rapi front Arial 12 pt, 1,5 spasi;
Merupakan kisah nyata, tidak harus dari penulis. Boleh menceritakan kisah orang lain;
Cerita belum pernah dipublikasikan di media mana pun;
Nama-nama yang dipergunakan boleh fiktif/disamarkan;
Tidak bermuatan SARA, pornografi, dan penyimpangan orientasi seksual;

jika ingin ikut:  Naskah dikirim dalam bentuk Print Out;
Dapatkan KUPON LOMBA di dalam Novel “Selamanya Cinta”
Gunting kupon Lomba True Short Story (berwarna kuning) yang terlampir, dan tempelkan di sudut kiri amplop;
Sertakan formulir Lomba True Short Story yang berisi data peserta dalam amplop bersama cerpen yang dilombakan;
Semua kupon harus ASLI;

Kirim ke alamat: (Tim Kreatif) Penerbit ANDI Jl. Beo no 38-40 Yogyakarta 55281
Jika ada pertanyaan silakan menghubungi: Jati: 0274 – 561 881 ext. 205


website resmi: http://andipublisher.com/sub-13-lomba-true-short-story.html

Sumber: http://www.lombaapasaja.com/

Lomba Menulis Cerpen Islam Ramadhan 2013

Deadline 24 Juli 2013
Buat  Muslimin atau Muslimat Indonesia
http://1.bp.blogspot.com/-q_HECyHNVhM/Ua08E1luMEI/AAAAAAAAAQk/q2_ck8HvfG0/s1600/B.jpg
Lomba Menulis Cerpen Islam Ramadhan 2013
 
Deskripsi Kegiatan:
Dalam dimensi kehidupan, Ramadhan sesungguhnya tak hanya mampu membangun pribadi muttaqin sebagai manifestasi sikap seorang hamba kepada Sang Khalik, tetapi juga mampu menumbuhkembangkan kepekaan sosial terhadap sesama. Dalam aktivitas berpuasa selama Ramadhan, kita digembleng untuk bisa berempati terhadap nasib kaum dhua’afa yang terus dihimpit ketidak berdayaan akibat beratnya persoalan hidup yang mesti mereka tanggung.
Ramadhan bisa kita jadikan sebagai kawah candradimuka dimana ramadhan dapat kita jadikan sebagai media untuk membakar kesombongan diri, kawah inilah yang bisa kita jadikan sarana untuk menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak tamak terhadap harta benda.


Persyratan lomba menulis Cerpen Islam :
A.   Peserta adalah seluruh masyarakat Se-Indonesia tanpa batas usia boleh individu, tim (3 orang).
B.   Melampirkan Riwayat Hidup + Identitas yang masih berlaku.
C.   Mengisi formulis yang telah disediakan panitia.
D.   Peserta boleh mengirim naskah Cerpen Islam lebih dari 1 (Maksimal 3).
E.   Judul naskah bebas, namun tidak lepas dari tema utama Cerpen Islam.
F.    Naskah Cerpen Islam haruslah kisah menarik dan enak dibaca oleh pembaca maupun masyarakat umum.
G.   Jumlah halaman bebas (naskah cerpen di ketik spasi 1,5 pada kertas ukuran A4 (Font Times New Roman 12 pt dengan margin Kanan : 3 cm, Kiri : 4 cm, Atas : 4 cm, dan Bawah : 3 cm).
H.   Melampirkan foto 3 x 4 (baghround merah).
I.     50 Pengirim Cerpen Islam akan mendapatkan Piagam.
J.    Panitia akan memilih 40 Cerpen Islam terbaik dan berhak mengikuti babak penyeleksian oleh tim dewanjuri, dan tim dewanjuri akan memilih 10 Cerpen Islam (finalis) Terbaik dari 40 terbaik (semifinal).
K.   Peserta yang dinyatakan “LOLOS 40 BESAR” akan dikenakan biaya pendaftaran Rp 50.000.00 / Karya.
L.    Keputusan panitia bersama dewanjuri adalah mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat.
M.  Seluruh berkas dan identitas dapat dikirim via E-Mail :panitia_lomba@rocketmail.com dengan kolom CC karismabanten@rocketmail.com;
N.   Hadiah :
Juara    I
Rp 2 Juta + Piala Gubernur Banten  & Bingkisan + Piagam.
Juara    II
Rp 1.5 Juta + Piala Gubernur Banten  & Bingkisan + Piagam.
Juara    III
Rp 1 Juta + Piala Gubernur Banten  & Bingkisan + Piagam.
Juara    IV
Rp 750 Ribu + Piala Gubernur Banten  & Bingkisan + Piagam.
Juara    V
Rp 500 Ribu + Piala Gubernur Banten  & Bingkisan + Piagam.
Juara Harapan  I
Rp 400 Ribu + Cenderamata  & Buku  + Piagam.
Juara Harapan  II
Rp 350 Ribu + Cenderamata  & Buku  + Piagam.
Juara Harapan  III
Rp 300 Ribu + Cenderamata  & Buku  + Piagam.
Juara Harapan  IV
Rp 250 Ribu + Cenderamata  & Flasdisk (8 Gb) + Piagam.
Juara Harapan  V
Rp 200 Ribu + Cenderamata  & Flasdisk (4 Gb) + Piagam.

Waktu kegiatan :
ITEM
DEADLINE
Publikasi dan Pendaftaran terakhir
:  24 Juli 2013
Pengumuman 40 Besar (Semifinal)
:  26 Juli 2013
Registrasi Untuk Diseleksi Dewanjuri
:  27 Juli – 31 Juli 2013
Penyeleksian Oleh tim Independent
:  01 – 04 Agustus 2013
Pengumuman Finalis (10 terbaik)
:  06 Agustus 2013
Jemput Peserta + tehknikal meeting
:  13 – 17 Agustus 2013
Persentasi Finalis (10 terbaik)
:  18 Agustus 2013
Tour ke Makam Pahlawan Banten
:  19 Agustus 2013
Pembagian Hadiah + Berfoto-Foto
:  20 Agustus 2013
Piagam 40 Terbaik
:  21 – 31 Agustus 2013

More Info: http://komunitaspenulisbanten.blogspot.com/

Sumber: http://www.info-lomba.com

Agroindustrial Fair 2013

Deadline: 7 September 2013
http://1.bp.blogspot.com/-8mZC8lEgK0M/UayMRmxkRZI/AAAAAAAAA38/pGYPpb5PmXQ/s1600/944268_4843954695288_514039623_n.jpg
Agroindustrial Fair 2013
Deskripsi Kegiatan:
Agroindustrial Fair 2013 terdiri dari serangkaian acara yaitu Expo produk agroindustri dan Gerakan Kampanye “Cintai Produk Agroindustri Indonesia”, serta berbagai macam perlombaan dan kompetisi.

Penyelenggara: Himalogin Fateta IPB

Jenis Kompetisi:
  1. LKTIN (SMA dan Mahasiswa maks S1)
  2. Essay Produk (Pelajar SMA se-Indonesia)
  3. IT Challenge (Mahasiswa D3/D4/S1 se-Indonesia)
  4. Video si TinTin ( Pelajar SMA se-Indonesia)
Jadwal Kegiatan:
Mei-7 September 2013: Pendaftaran, Pembayaran, dan Pengiriman Karya
20 September 2013: Pengumuman 10 Finalis
4 Oktober 2013: Technical meeting
5 Oktober 2013: Presentasi finalis
6 Oktober 2013: Penganugerahan pemenang


Informasi:
Nizam mustaqim - 089639385059
Imam Muharram Alitu - 08569939543
Fachru Reza Rochili - 085866687732 
M. Raja Ihsan - 08121099556

Twitter: @kicauanAF
 

Young Indonesian Researcher Competition 2013

http://2.bp.blogspot.com/-FTpQF3oV3hc/UaYmBNJFCGI/AAAAAAAAA2c/5vr2GMnsjtI/s1600/Pamflet+YORECO.jpg
Young Indonesian Researcher Competition
Deadline 28 Agustus 2013
Deskripsi Kegiatan:
YORECO (Young Indonesian  Researcher  Competition) 2013 merupakan Lomba Peneliti Muda Se-Indonesia

Penyelenggara: PPIPM Universitas Negeri Padang

Tema Kegiatan: 
"Peran Pemuda dalam Mewujudkan Indonesia Maju 2025 Melalui Pembangunan Karakter"

Sub Tema: 
  1. Optimalisasi srtuktur sosial, ekonomi, dan budaya dalam mewujudkan nilai-nilai karakter.
  2. Pengembangan strategi dan media pembelajaran fungsional dalam mewujudkan integritas nilai nilai karakter.
  3. Intervensi teknologi kreatif untuk mewujudkan karakter indonesia yang ideal.

Persyaratan Administratif:
  1. Peserta Yoreco adalah kelompok mahasiswa yang aktif dan terdaftar mengikuti program pendidikan S1 atau Diploma.
  2. Mahasiswa dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, tergantung pada bidang kegiatan yang telah selesai dilaksanakan, namun masih dalam satu perguruan tinggi yang sama. Keanggotaan mahasiswa disarankan berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda.
  3. Peserta Berupa tim (minimal 2 orang dan maksimal 3 orang)
  4. Seorang peserta diperkenankan masuk ke dalam kelompok Yoreco yang berbeda (lebih dari satu kelompok Yoreco). Dengan mengirimkan sebanyak- banyaknya 2 (dua) artikel Yoreco, satu sebagai ketua, satu sebagai anggota kelompok, atau kedua-duanya sebagai anggota kelompok.
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-/karya.
  6. Penerimaan karya hanya dalam bentuk softcopy dalam format word dan PDF, dengan melengkapi semua persyaratan dan lampiran yang dimitai panitia.

Jadwal Kegiatan:
Pendaftaran: Mei-28 Agustus 2013
Akhir Penerimaan Karya: 28 Agustus 2013
Pengumuman Finalis: 18 September 2013
Persentasi Finalis: 3 Oktober 2013
Pengumuman Pemenang: 5 Oktober 2013

Hadiah dan Penghargaan:
Juara 1: Rp 2.500.000,00 + Tropi + Sertifikat
Juara 2: Rp 2.000.000,00 + Tropi + Sertifikat
Juara 3: Rp 1.500.000,00 + Tropi + Sertifikat
Juara Harapan 1: Tropi + Sertifikat
Juara Harapan 2: Tropi + Sertifikat

Informasi:
Orin - 085766289856
Afri - 085766237553
Facebook: ppipm fair 
Twitter: @ppipmfair
Web: fair.ppipm-unp.com

Sumber: http://www.info-lomba.com/

Sunday, June 9, 2013

Upgrading KSI 2013

Buat temen2 Pengurus dan Anggota KSI 2013, Yuk.. ikut UpGrading KSI 23 Juni 2013
Diagendakan ya.. :D ini tidak diharus kan datang tetapi DI WAJIBKAN UNTUK HADIR!!! 

We Are A New  Generation 
We Are A New Power 
And..
We Are A New Spirit 

Bunga Wisuda untuk Kamu

Wisuda sebentar lagi… Ayooo buat kamu-kamu yang pengen memberi sesuatu yang spesial buat kakak, pacar, adik, kawan, atau sahabat kamu yang hendak wisuda.. Silahkan order… Murah, murah, murah,,, harga mahasiswa.. rangkaian keren lho

hub kami :  
Adit (085643216183)
Noli (085713403731) 
 

Tunjukkan perhatianmu lewat rangkaian bunga dan Ucapan selamat buat wisudawan..

Selamat Wisuda..

Mahasiswa jurusan ini cenderung suka begadang dan kurang tidur

Tak sedikit mahasiswa yang suka mengeluh kurang tidur dan mengantuk di siang hari. Namun ternyata keluhan tersebut berkaitan dengan jurusan yang ditempuh.
Ilustrasi Mengantuk di saat kuliah
Menurut penelitian yang dilakukan para ahli dari Pennsylvania State University dalam jurnal Sleep, mereka yang kuliah di jurusan media adalah mahasiswa yang cenderung suka begadang dan kurang tidur. Bahkan dalam sehari, mereka bisa tidur 3-3,6 jam lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa yang lain.

Sementara itu, mahasiswa jurusan manajemen, hukum, dan sistem informasi adalah tipe 'evening people' atau lebih aktif di sore hari. Kemudian mahasiswa jurusan nutrisi merupakan kebalikan dari orang-orang media, yaitu 'morning people' yang bisa bangun pagi dan mampu memenuhi jadwal tidurnya dengan baik.

Penelitian tersebut berdasarkan data dari 1.200 mahasiswa yang kuliah di 30 jurusan berbeda. Mereka mengikuti kuesioner tentang waktu paling aktif di sepanjang hari, durasi tidur, dan jadwal bangun setiap pagi.

"Sebaiknya masalah tidur ini diperhatikan oleh mahasiswa. Sebab hal itu bisa jadi kebiasaan sampai di dunia kerja dan mengganggu kesehatan mereka," terang kepala penulis penelitian, Dr Frederick M Brown, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

Sayangnya penelitian ini tidak mengungkap alasan di balik kecenderungan begadang dan kurang tidur dari mahasiswa tersebut. Bagaimana dengan kalian, Mahasiswa Pertanian? sering begadang dan ngantuk saat kuliah juga apa gak? :D

Friday, June 7, 2013

Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-12 Tahun 2013


Diberitahukan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-12 Tahun 2013. PPRI merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi jenjang S1 atau sederajat dengan usia maksimal 24 tahun yang memiliki ketertarikan di bidang penelitian.
 




Persyaratan:
  1. Karya tulis dan karya cipta harus dari hasil penelitian peserta dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba ilmiah tingkat nasional lainnya.
  2. Peserta adalah mahasiswa perorangan tingkat sarjana S1 atau sederajat berusia maksimal 24 tahun terhitung pada tanggal 30 September 2013 dan belum pernah menjadi pemenang PPRI dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  3. Melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Jurusan/Dekan/Rektor (tanda tangan dan/atau stempel basah).
  4. Melampirkan daftar riwayat hidup lengkap dengan mencantumkan alamat dan no. telepon/HP yang mudah dihubungi dan faksimili (bila ada).
  5. Karya tulis berjumlah maksimal 30 halaman termasuk lampiran.
  6. Peserta mengunggah berkas karya ilmiah penelitian hanya melalui situs http://kompetisi.lipi.go.id/ppri12/ dengan terlebih dahulu melakukan registrasi. Berkas karya tulis ilmiah diterima paling lambat 1 September 2013.
  7. Pengumuman finalis PPRI 2013 akan dimuat pada situs LIPI http://www.lipi.go.id/. Finalis yang terpilih akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi.
  8. Panitia berhak menyebarluaskan/mensosialisasikan karya tulis dan alat peraga yang diperlombakan melalui berbagai media.
  9. Peserta wajib menyerahkan karya tulis dan alat peraga yang diperlombakan kepada LIPI untuk disebarluaskan/disosialisasikan melalui berbagai media.
  10. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Bidang Lomba
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK)
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  3. Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT)
Tanggal penting:   
Batas akhir penerimaan berkas : 1 September 2013
Pengumuman Finalis : 20 September 2013
Registrasi Finalis : 30 September 2013
Pameran Finalis : 1 Oktober 2013
Presentasi Finalis : 2 Oktober 2013
Malam Penganugerahan Pemenang : 3 Oktober 2013
info lanjut: http://kompetisi.lipi.go.id/ppri12/

Kunjungan Klinik Agromina Bahari UGM, 6 Juni 2013

Terima kasih atas kunjungan Klinik Agromina Bahari ke Kelompok Studi Ilmiah Fakultas Pertanian UNS hari kamis tanggal 6 Juni 2013.
 
Kami sangat senang sekali kedatangan teman-teman dari KAB, semoga pertemuan kemarin tidak terakhir kalinya dan ada hari dimana kita bisa sharing bersama dan diskusi ilmiah lagi.
 
"Kesuksesan itu bukanlah hasil dari kemampuan diri kita sendiri, tapi kesukasesan itu adalah mampu bekerjasama dan berbagi dengan orang lain."

Semoga banyak manfaat yang diperoleh dari awal kegiatan KAIL ini dan bertambah untuk event-event yang lain. selain itu menambah tali persaudaraan antar kelompok Ilmiah.

BERSAMA KSI, TUNJUKKAN KALAU KITA PUNYA AKSI

Salam Ilmiah