Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Thursday, October 24, 2013

PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI LKTI FAST 2013 Se-Jateng dan DIY



SELAMAT BAGI PESERTA LKTI FAST 2013  Se-Jateng dan DIY -  YANG LOLOS DALAM GRAND FINAL LKTI FAST 2013

  1. Amirza Rahmanu P (UNS) -  "ZAMROVE" Zat Warna Alami Mangrove Berbentuk Nano Partikel Untuk Mendukung Industri Makanan yang Aman, Sehat, dan Ramah Lingkungan
  2. DWI KURNIA PUTRI (UAD) - DIVERSIFIKASI LIMBAH KULIT JERUK KOMBINASI AKAR WANGI MENJADI PRODUK AROMATERAPI DALAM SEDIAAN EFFERVESCENT YANG PORTABLE BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN
  3. Ganang Gaga P (UMY) "PERMEN JERAMI UNTUK PAKAN SAPI"
  4. Merya Wulansari (UNY) - " Gapleku Geplaku" ( Geplak Berbahan Baku Gaplek ) sebagai upaya menyukseskan diversifikasi pangan berbasis kearifan lokal
  5. Sigit Arrohman (UNDIP) - BAJIGUR (BATAKO JERAMI RAMAH LINGKUNGAN) FOTOKATALIS NANO TIO2 DARI LIMBAH JERAMI SERTA LUMPUR MERAPI SEBAGAI BIOMATERIAL SEBAGAI PENINGKATAN ECOENVIRONT DI MAGELANG, JAWA TENGAH
  6. Erlina Nurarifani (UGM) - "NUTRIFOOD (Nucifera Nutrive Food) CUPCAKE" Pemanfaatan Tepung Ampas Kelapa Sebagai Substitusi Tepung Terigu Dalam Bakery Untuk Ketahanan Pangan Indonesia.
  7. Andika aji Prasetyo (UNDIP) - Alternatif Pembuatan Pestisida Organik dari Eceng Gondok untuk Pengelolaan Pertanian Berkelanjutan
  8. IMAS WIDOWATI (UNY) - PEMBUATAN TEMPE BIJI LAMTORO (Leucaena leucocephala) UNTUK MEREDUKSI KETERGANTUNGAN KEDELAI IMPOR DAN DIVERSIFIKASI PANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL
  9. MARY FITRIYAH (UAD) - “Effervescent Green Uwuh” Inovasi Strategi Pengembangan Minuman Herbal Fungsional Dalam Peningkatan Sumber Daya Lokal 

Bagi Peserta yang lolos akan Presentasi karya kalian pada hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2013 puku 08.30-Selesai di Fakultas Pertanian - Universitas Sebelas Maret


Untuk informasi lebih lanjut hub: Annisa 087742046793


Sunday, October 13, 2013

FAST 2013 [Talk Show Kewirausahaan - Starting Success With Entrepreneur]

KSI PROUDLY PRESENT
Talk Show Kewirausahaan
[Starting Success With Entrepreneur] 
dalam serangkaian acara FAST 2013

Pembicara:
1. Dr. Sutanto, S. Si, DEA
(Sosiotechnopreneur Pembantu Dekan 1 Fakultas MIPA)
2. Gunawan Arif Wibowo, SP
(Young Entrepreneur Alumni Fakultas Pertanian UNS Angkatan 2008)

Fasilitas:
Sertifikat, Kit, Ilmu, Snack, Doorprize

Waktu: Rabu, 30 Oktober 2013, pukul 08.00 - Selesai
Di Di Aula Fakultas Pertanian, UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Pendaftaran:
Pendaftaran lewat SMS :
FAST_TALKSHOW_Nama_pendidikan/kerja di_no hp
dan membayar langsung ke sekretariat ksi fp uns ( Jl. Ir. Sutami no.36 A Surakarta)
Transfer Lewat ATM
bs transfer ke rek mandiri atas nama Deni Prasetiyo 070-00-0663340-3
lalu konfirm sms : Nama_pendidikan/kerja di_no hp
Deni prasetiyo 085878765354
Rizki 085736998511

FEE: 
Mahasiswa UNS : 10 Ribu
Umum : 15 Ribu
Max tanggal 28 Oktober 2013

MORE INFO:
Blog: tulisan-kami.blogspot.com
Website: ksi.fp.uns.ac.id
Facebook: Fast Ksi
Twitter: KSI_UNS

Don't Let this chance fly away!!!



Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) by KSI FP UNS


Tema utama dari Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) adalah “Aktualisasi Peran Mahasiswa Menuju Sinergitas Pertanian Berkelanjutan dan Berdaulat”. Tujuan utama dari FAST’13 adalah untuk meningkatkan rasa cinta terhadap pertanian Indonesia mulai dari usia dini hingga masyarakat umum sehingga dapat menguatkan jati diri bangsa sebagai bangsa agraris, selain itu FAST’13 juga bertujuan untuk menstimulus kreativitas dan mengembangkan pemikiran mahasiswa dalam penulisan maupun penalaran keilmiahan dan dunia pertanian.
Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) diselenggarakan oleh Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang keilmiahan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta berkerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai salah satu bagian dari warga Perguruan Tinggi secara umum dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan potensi keilmiahan secara khusus, mempunyai tanggungjawab untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta mewujudkan mahasiswa yang mempunyai metode berfikir ilmiah.
Target peserta FAST’13 meliputi pelajar Sekolah Dasar dan atau pelajar Sekolah Menengah Pertamakota Surakarta, Mahasiswa se-Jateng dan DIY, dan Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret Surakarta.
FAST’13 terdiri dari serangkaian acara di antaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Regional se-Jateng dan DIY, Ekspo Keilmiahan, KSI Goes To School, dan Talkshow Kewirausahaan.
Oleh karena itu, FAST’13 merupakan salah satu ajang untuk mengenalkan pertanian dari usia dini dan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap bidang pertanian serta dapat menstimulasi mahasiswa untuk berpikir kritis dan saling berdiskusi untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang khususnya bidang Pertanian.

Festival of Agri-Science & Technology 2013 (FAST’13) yang akan diadakan pada tanggal 25, 30-31 Oktober 2013 merupakan suatu ajang untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pertanian mulai dari usia Sekolah Dasar sampai tingkat Mahasiswa dengan tema “Aktualisasi Peran Mahasiswa Menuju Sinergitas Pertanian Berkelanjutan dan Berdaulat”.

Dengan diadakannya acara FAST’13, terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, yakni sebagai berikut:
  1. Menumbuhkan pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif terhadap masalah pertanian yang melanda negeri ini dari usia Sekolah Dasar sampai tingkat Mahasiswa demi tercapainya pertanian Indonesia yang berkelanjutan dan berdaulat.
  2. Memfasilitasi pertemuan antara calon-calon ahli pertanian masa depan untuk bertukar pikiran dalam satu forum untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pertanian Indonesia yang berkelanjutan dan berdaulat saat ini dan seterusnya.
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memulai usaha maupun mengembangkan usaha yang sedang dijalankannya.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan kemauan pelajar dan mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan keilmiahan di lingkungan kampus.

Waktu Pelaksanaan: 25, 30-31 Oktober 2013
Tempat Pelaksanaan: Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Peserta: Pelajar SD dan atau SMP kota Surakarta, Mahasiswa se-Jateng dan DIY, Civitas Akademika UNS, Masyarakat sekitar kampus UNS Kentingan
Penyelenggara : Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta

Deskripsi Kegiatan
FAST’13 diselenggaraan selama 4 hari berturut-turut pada tanggal 25, 30-31 Oktober 2013 dan terdiri dari serangkaian acara di antaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Regional se-Jateng dan DIY, Ekspo Keilmiahan, KSI Goes To School, dan Talkshow Kewirausahaan. Berikut merupakan agenda FAST’13 :

KSI Goes To School
Acara ini merupakan rangkaian kegiatan FAST’13 yang bertujuan untuk memperkenalkan pertanian kepada siswa Sekolah Dasar dan warga sekitar sekolah agar tertanam jiwa cinta lingkungan dan pertanian. Kegiatan ini akan memberikan sebuah pelatihan kepada siswa Sekolah Dasar yang berkaitan dengan pertanian organik dan pembuatan pupuk kompos kepada masyarakat sekitas Sekolah Dasar tersebut.

Talkshow Kewirausahaan
Kegiatan ini merupakan wadah bagi Pengurus KSI dan peserta talkshow untuk berlatih kewirausahaan dalam bentuk memperoleh barang dan memasarkan produk. Selain itu kami juga menyediakan stand bagi sponsor, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk memasarkan produknya di dalam bazaar dan pasar murah ini dengan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan harga biasanya. Sehingga pengunjung dapat tertarik dengan penawaran yang akan disajikan oleh para pengisi stand dan akan menambah pendapatan bagi penjual.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Regional se-Jateng dan DIY
LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2013 KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian UNS yang ditujukan untuk mahasiswa baik mahasiwa PTN maupun PTS regional Jateng dan DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk:
1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiah.
2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide atau gagasan kreatif dan inovatif terhadap permasalahan  sesuai dengan kompetensinya.
3. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran yang kritis dan inovatif.

Ekspo Keilmiahan
Salah satu rangkaian acara FAST 2013, dirancang layaknya mini PIMNAS yang diikuti oleh 24 tim lolos PKM dari Fakultas Pertanian UNS. Dalam kegiatan ini didirikan stan-stan sebagai tempat peserta dan stan utama sebagai tempat untuk mempresentasikan produk mereka. Setiap tim mempresentasikan hasil karyanya di stan utama dan memasang produk atau hasil dari PKM-nya di stan masing-masing dan menjelaskannya kepada pengunjung.



SO JOIN WITH US,,

Salam Hangat Panitia FAST 2013,,