Tuesday, July 22, 2014

Warna Ungu Terong

Sudah tidak asing lagikan dengan terung? Iya, terung yang dalam bahasa Inggris disebut eggplant merupakan sayuran buah yang biasa kita konsumsi. Tapi, apakah kalian sempat memikirkan kenapa terung berwarna ungu? Beberapa orang kebanyakan pasti akan terlintas pertanyaan seperti itu. Sebenarnya ada beberapa warna pada terung, mulai warna ungu, hijau dan akhir-akhir ini telah ditemukan yaitu berkat kultur jaaringan terung berwarnaa pink, unik bukan? Dengan warna yang menarik tersebut mungkin akan menambah selera makan kita. Tetapi kali ini kita akan membahas dibalik warna ungu pada terung.
Terong berwarna ungu karena kandungan antosianin 
Warna ungu pada terong terbentuk karena andil dari zat antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna ungu. Zat ini Merupakan senyawa flavanoid yang melindungi sel dari sinar ultra violet. Terong ungu kaya akan zat antosianin, sehingga warna ungunya cukup mendominasi pada terong. Zat antosianin mampu berperan dalam menghambat oksidasi dari toksin dan juga mampu menghambat sel tumor pada manusia. Dalam zat antosianin terdapat 2 komponen yaitu sianidin dan delphinidin. Adanya kedua zat tersebut membuat terong bermanfaat untuk  mencegah pertumbuhan sel kanker. Wah hebat juga yah!
Selon zat antosiadin dalam sayuran berwarna ungu termasuk terong ungu juga terdapat ellagic acid, dimana komponen tersebut bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah dan mencegah tumbuhnya beberapa jenis tumor dan kanker seperti kanker kulit, kanker pankreas, kanker payudara, kanker pencernaan dan kanker kolon.
Sekarang sudah tahu bukan ternyata sangat banyak manfaat dari warna terung tersebut. Sehingga kami menyarankan bila memasak terong ungu dengan kulitnya agar mendapat manfaat antosianin.  

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment