Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2016

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PKM FP UNS 2016

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2016

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2016 periode tahun 2016-2017 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2016 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Friday, June 13, 2014

THE ASEAN YOUNG WRITERS AWARD 2014


Lomba Menulis Cerpen The ASEAN Young Writers Award ini diselenggarakan oleh SEA Write Award Organizing Committee yang berkolaborasi dengan Bangkok Metropolitan Administration dan Mahidol University di Thailand. Penghargaan sastra yang diperuntukkan para penulis muda muda negara-negara Asia Tenggara ini sekaligus menjadi peringatan 35 tahun SEA Write Award dan sebagai perayaan terpilihnya Bangkok sebagai “13th World Book Capital” oleh the World Book Capital Selection Committee dan UNESCO.

Persyaratan bagi peserta:
  1. Usia 15 sampai 24 tahun
  2. Berasal dari negara-negara anggota ASEAN: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Burma,  Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
  3. Mengirim karya berupa sebuah cerita pendek (tidak lebih dari 3.000 kata), yang ditulis dalam bahasa masing-masing negara dan/atau dalam Bahasa Inggris.
  4. Karya yang dikirim adalah karya sendiri, bukan karya terjemahan atau adaptasi dari karya lain.
  5. Karya yang dikirim belum pernah diikutsertakan atau memenangkan lomba menulis lainnya.

Jadwal pengiriman karya hingga upacara penghargaan:
  1. Pengiriman karya: 1 Mei 2014 – 30 Juni 2014
  2. Masa penjurian: 1 Juli 2014 -31 Juli 2014
  3. Kunjungan ke Bangkok dan upacara penghargaan ASEAN Young Writers: pertengahan Agustus 2014

Hadiah:
  1. Plakat atau tropi yang akan diserahkan di Bangkok
  2. Uang sebesar masing-masing US$1.000 untuk dua pemenang dari masing-masing negara.
  3. Dua pemenang dari masing-masing negara akan pergi ke Bangkok dan dibiayai sepenuhnya oleh penyelenggara penghargaan ini untuk menghadiri upacara penyerahan penghargaan dan mewakili negaranya masing-masing dalam acara-acara yang diselenggarakanpenghargaan ini. Penginapan, makan-minum dan transportasi selama di Bangkok akan ditanggung pihak penyelenggara. Para pemenang dari Thailand juga akan melakukan kunjungan persahabatan ke sekretariat ASEAN di Jakarta, Indonesia.
  4. Karya-karya para pemenang akan diterbitkan dan dipromosikan melalui berbagai media. 
    Waktu pengiriman dan persyaratan karya:
  • Dikirim antara tanggal 1 Mei 2014 sampai 30 Juni 2014.
  • Tidak lebih dari 3.000 kata atau tidak lebih dari 10 halaman A4, ditulis dalam huruf Cordia New 16pt.
  • Judul karya diletakkan di atas halaman pertama dan ditulis dengan huruf tebal.
  • Setiap karya harus mencantumkan nama asli, bukan nama samaran penulis. Usia, kelas atau tingkat di sekolah atau universitas, alamat surat, alamat email, dan nomor telepon penulis   dicantumkan di bawah halaman terakhir karya Anda. Panitia tidak akan mengembalikan karya yang dikirim.
  • Karya, formulir peserta, dokumen-dokumenlain (scan dari paspor atau KTP atau akta kelahiran) dapat dikirim ke alamat email panitia ASEAN Young Writers Award 2014 di Indonesia: aseanyoungwritersindonesia@gmail.com.
  • Penghargaan ini mempunyai hak untuk menerbitkan dan mempromosikan karya-karya yang telah dikirim
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Anda juga dapat mengirimkan biodata Anda untuk melengkapi persyaratan keikutsertaan Anda.
Selamat berkarya.

Hormat kami,

Linda Christanty
(koordinator untuk Indonesia)

Friday, June 6, 2014

Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia 2014- Info lomba terbaru


Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) kembali hadir. Masih didukung oleh MITI (Masyarakat Ilmu dan Teknologi Indonesia), PIMPI 2014 mengambil tema  “Gerakan Inovator Muda, Inspirasi Pertanian Indonesia”. Kompetisi ini merupakan ajang bagi mahasiswa-mahasiswi Indonesia untuk menyalurkan pemikirannya dalam bentuk proposal berbasiskan pertanian dan kearifan lokal. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas, empati dan kontribusi mahasiswa terhadap pertanian Indonesia dalam upaya peningkatan keterampilan usaha, perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan dan sebagainya. 

Adapun, tema yang diangkat dalam PIMPI 2014 ini adalah:
1. Inovasi Pangan Lokal Nusantara
2. Sosial Ekonomi dan Strategi Kebijakan Pertanian Indonesia
3. Inovasi Teknologi dan Energi Terbarukan untuk Pertanian Indonesia

Informasi selengkapnya tentang PIMPI 2014: http://forces.lk.ipb.ac.id/ 
Gabung dan tunjukkan kepedulianmu terhadap Pertanian Indonesia lebih maju!