Kelompok Studi Ilmiah

Kelompok Studi Ilmiah adalah unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS yang bergerak di bidang keilmiahan.

Diskusi Ilmiah KSI 2017

Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang PIKMA ini bertujuan untuk memberikan pandangan, mengarahkan dan memotivasi sehingga mahasiswa dapat merencanakan tujuan kuliah khususnya bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, diskusi ilmiah ini mengusung tema “Rencanakan Tujuan Kuliahmu yang Sebenarnya Mulai dari Sekarang”

Sosialisasi PIM UNS dan PKM 2017

Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh bidang III Fakultas Pertanian UNS berkerjasama dengan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) FP UNS bertempat di Aula Gedung B FP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan PKM khususnya bagi mahasiswa baru dan memberikan tips-tips dalam penulisan program kretivias mahasiswa yang baik dan benar sehingga diharapkan dapat lolos seleksi.

Pelantikan Pengurus KSI FP UNS 2017

KSI (Kelompok Studi Ilmiah) adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang memiliki anggota-anggota sebagai pengurus yang siap melanjutkan perjuangan serta berkemauan tinggi dalam berkontribusi bagi almamater, bangsa dan negara. Pelantikan kepengurusan KSI FP UNS 2017 periode tahun 2017-2018 dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2017 dan bertempat di aula FP UNS yang tepatnya di gedung B lantai 2.

FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology)

National Essay Competition merupakan salah satu rangkaian acara FAST 2017 (Festival Of Agri-Science and Technology) yang diselenggarakan oleh KSI (Kelompok Studi Ilmiah) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta yang ditujukan untuk semua mahasiswa, baik yang di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Saturday, August 23, 2014

Mengenal PKM (2014)


PKM, apa itu PKM??

PKM adalah Program Kreativitas Mahasiswa. PKM merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa perguruan tinggi agar nantinya dapat menjadi anggota masyarakat dengan kemampuan atau skill yang mumpuni. PKM ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan ide, inovasi dan kreativitasnya untuk menyumbang kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Dengan adanya PKM mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi insan yang tidak hanya mampu menguasai teori akademik, tetapi juga dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata, di tengah masyarakat.

Terdapat enam kategori dalam PKM yaitu;
  1. PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  2. PKM-Penelitian (PKM-P)
  3. PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M)
  4. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  5. PKM-Teknologi (PKM-T)
  6. PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I)
Prosedur Pengajuannya:
  • Menyusun proposal yang berisi usulan tentang ide inovatif dan kreatif mu.
  • Mengumpulkan minimal 1 hardcopy proposal ke MAWA UNS beserta surat rekomendasi dari reviewer fakultas untuk arsip universitas.
  • Pendaftaran judul akan dilakukan melalui Pihak Kemahasiswaan ke pihak DIKTI.
  • Pengusul akan menerima username (code verifikasi) dari hasil pendaftaran untuk mengunggah file dokumen ke http://simlitabmas.dikti.go.id/.
Proposal yang lolos seleksi akan memperoleh pendanaan dari DIKTI sebesar 2,5 juta – 12,5 juta untuk merealisasikan ide yang diajukan. Selengkapnya buka di Panduan PKM 2014

Gimana tertarik ikut PKM bukan??? Ayoo tunggu apa lagi, angkat penamu dan tuangkan kreativitasmu!

Bersama KSI, Tunjukkan kalau kita punya AKSI!!


Pendaftaran PKM 2014 Telah Dibuka

  
Halloo sobat KSI yang kece abizz….

Info yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga, info PKM.
Bagi temen-temen mahasiswa yang punya ide kreatif dan inovatif salurin aja di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pengumpulan usulan PKM DIKTI tahun 2014 untuk pendanaan tahun 2015 telah dibuka untuk 5 kategori yaitu:
  • PKM-M (PKM Pengabdian Masyarakat)
  • PKM-P (PKM Penelitian)
  • PKM-K (PKM Kewirausahaan)
  • PKM-KC (PKM Karsa Cipta)
  • PKM-T(PKM Teknologi)
Batas pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan PKM sampai tanggal 28 September 2014.

Info selengkapnya buka web dikti dan untuk panduan PKM bisa didownload di sini

Pengen ikut PKM, tapi masih bingung cari temen atau bingung prosedurnya?
Ga usah galau n risau, Kami kawan-kawan KSI siap membantu kalian. hehe


Selamat berInovasi dan berKreasi!


Informasi terkait:
Mengenal PKM (2014)

Friday, August 22, 2014

Display Osmaru S1, Bersama Pejuang Tangguh KSI

Kamis, 21/08/14. Pada hari kedua osmaru (orientasi mahasiswa baru) S1 Fakultas Pertanian, mahasiswa baru dikenalkan dengan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa FP UNS. Kegiatan dikemas dalam bentuk dislpay dimana setiap perwakilan UKM diberi kesempatan untuk mempresentasikan organisasinya kepada teman-teman maru sebagai bentuk pengenalan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada maru yang nantinya diharapkan dapat turut bergabung dan berpartisipasi aktif dalam UKM yang diminati.

Pada kesempatan tersebut KSI diberi kesempatan untuk display pada pukul 13.30 WIB dengan durasi 15 menit. Sebelum tampil dan presentasi di depan maru, para pejuang tangguh KSI melakukan breafing yang dipimpin oleh kabid POSDM (Latifah Ufairoh Zahidah Zulfa). Para pejuang tangguh disebar ke tiga ruang (ruang aula, ruang 9 dan ruang 10) dengan amunisi berupa buletin “Soimah”, sticker, gantungan kunci dan bendera kebesaran KSI. Pejuang tangguh siap berAKSI di depan kawan-kawan maru! Dan display KSI pun dimulai!

Ketua KSI (Tangguh Prakoso) yang ditugaskan untuk mengisi display di ruang aula dengan didampingi oleh Ananda Saka Prayogo (bidang POSDM) menyampaikan berpatah-patah kata sebagai sambutan sekaligus untuk mencintrakan KSI kepada maru. Selain itu, juga diiringi dengan penayangan video yang berisi sedikit ulasan tentang KSI beserta kegiatan-kegiatan seru-nya. Di tengah prakata sempat terjadi kesalahan dalam menyebutkan kepanjangan dari KSI sebagai Kelompok Studi Islam #ehh salah, maksudnya Kelompok Studi Ilmiah. Hehe. Ya, KSI adalah Kelompok Studi Ilmiah dan merupakan UKM keilmiahan yang terbuka untuk seluruh mahasiswa FP UNS, termasuk temen-temen mahasiswa baru yang berminat gabung bersama Kami.

Display ditutup dengan gerakan mengepal tangan yang disertai teriakkan jargon kebesaran KSI, begini nih “Bersama KSI, Tunjukkan kalau kita Punya AKSI!!!”. Usai display para pejuang tangguh melakukan evaluasi di depan sekre tercinta yang dipimpin oleh mas Tangguh. Beberapa hambatan saat diplay menjadi bahan pembahasan untuk dicarikan solusi agar display KSI ke depannya bisa lebih baik. Setelah evaluasi berakhir, dilakukan satu kegiatan wajib yang tidak boleh dilewatkan, yakni sesi foto bersama. Haha.

Dan salah satu cermin kebersamaan dan kekompakan kami adalah ini…………..
    Para Pejuang Tangguh KSI

    Bersama KSI, Tunjukkan kalau Kita punya AKSI !!!

Sampai jumpa di display Osmaru D3 mendatang. Salam Ilmiah !

Thursday, August 14, 2014

Tips Buat KAMU, Mahasiswa Baru


Bulan-bulan Agustus-September ini tampaknya sudah mulai jelas ya siapa yang akan melanjutkan kuliah dimana dan jurusan apa?  Semoga pilihan yang kawan-kawan semua ambil sesuai dengan minat dan potensinya sehingga dapat berkembang di kampus. Di masa-masa awal kuliah, tentunya mahasiswa baru akan merasakan beberapa hal berbeda yang belum mereka rasakan selama duduk di bangku SMA. Sebagai mahasiswa baru, mungkin kita akan merasa kaget dan tertekan saat mendapati perbedaan-perbedaan yang begitu mencolok antara masa SMA dengan masa kuliah.

Memulai hidup baru di dunia kampus memang sangat menarik dan menyenangkan. Semua hal yang baru akan hinggap padamu.  Teman baru, lingkungan baru, organisasi baru, pelajaran baru, gebetan baru #eh. Buat sebagian mahasiswa, bisa jadi pengalaman pertama pisah dari orang tua. Hidup nge-kost serba sendiri dan mandiri.

Nah, sikap pertama yang perlu dikembangkan ketika menjadi  mahasiswa baru adalah terbuka, disiplin, dan mandiri. Sudahkah kamu memilikinya? 
Terbuka, maksudnya menerima hal-hal baik dan mau bersosialisasi dan berteman banyak. jangan menyendiri.
Disiplin dalam hal waktu, fokus, dan hidup. kamu harus tegas akan apa yg kamu rencanakan, sigap, dan cepat dalam bergerak.  
Mandiri dalam hidup, udah gak ada lagi ortu yg ngurus, kamu harus bisa mengatur uang bulanan, buanglah hobi menunda-nunda pekerjaan. Dengan sikap ini diharapkan  mahasiswa baru bisa lebih  adaptif dengan lingkungan baru. Jangan sampai homesick, dan culture shock.

Berikut ini adalah tips sukses menjadi mahasiswa baru:
  1. Jadilah Mahasiswa yang Aktif. Sikap aktif salah satunya dapat ditunjukkan dengan mengajukan diri pada dosen apabila dimintai bantuan, ikut berorganisasi, aktif mencari informasi dan ikut kegiatan positif lainnya.
  2. Perluas Jaringan Pertemanan. Cari sebanyak mungkin teman, satu jurusan, satu fakultas, bahkan satu kampus, dari yang seangkatan bahkan senior. Dengan banyak teman kita jadi lebih terbuka & terlatih untuk bersosialisasi dengan bijak. Buatlah dirimu bisa diterima di lingkunganmu yang baru.
  3. Kenali lingkungan kampus. Hal ini akan memudahkan kita dalam beradaptasi dan menempatkan diri di lingkungan kampus.
  4. Dekati Dosen. Kedekatan dengan seorang dosen akan membantu anda dalam perkuliahan,terutama ketika anda masuk masa skripsi dan pasca lulus kuliah.
  5. Sering sering ke Perpus deh. Biasakan diri untuk datang ke perpus, karena di sinilah terdapat berbagai jenis buku yang dijadikan sebagai bahan atau sumber materi yang diajarkan dalam perkuliahan.
  6. Aktif Berorganisasi. Ikutilah organisasi-organisasi yang ada di kampus untuk menambah pengalaman bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang lain, sebagai media aktualisasi diri, penyaluran bakat-minat serta berbagai ilmu lain yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah.
    Tapi jangan ngasal ikut organisasi yah, berikut ini adalah tips-tips yang wajib kamu ketahui sebelum memilih organisasi:
    • Ketahui visi dan misi organisasi
    • Pilih organisasi yang kita sukai (yang sreg di hati)
    • Kegiatannya sesuai dengan minat, bakat atau hobi kita
    • Berlatih manajemen waktu antara yang digunakan untuk organisasi dan untuk kegiatan akademik.
Apa Manfaat Organisasi bagi Mahasiswa?
Beroganisasi bagi mahasiswa sangat penting. Beroganisasi bisa merupakan ajang latihan bagi mahasiswa. Beroganisasi itu ibarat media untuk melatih kepekaan sosial, dan lain sebagainya. Berikut ini saya sajikan beberapa manfaat berorganisasi bagi mahasiswa, yaitu:
1) Memperluas pergaulan
2) Meningkatkan wawasan/pengetahuan
3) Membentuk pola pikir yang lebih baik
4) Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan
5) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
6) Melatih leadership (kepemimpinan)
7) Belajar mengatur waktu
8) Memperluas jaringan (networking)
9) Mengasah kemampuan sosial
10) Ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya

Tips by: Nanik (Agoteknologi 2012)

Baca juga: Buat Jadi Mahasiswa Baru, Ini Tipsnya

Tuesday, August 12, 2014

Samaru (Sambut Mahasiswa Baru) FP UNS

Samaru (Sambut Mahasiswa Baru) Fakultas Pertanian merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh teman-teman mahasiswa FP setiap kedatangan mahasiswa baru. Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa baru, baik itu terkait tempat kos, kegiatan kampus,  informasi studi, prodi dan sebagainya. Samaru yang diisi oleh beberapa stand dari UKKHMJ (salah satunya KSI) juga merupakan upaya untuk mencitrakan berbagai organisasi atau unit kegiatan mahasiswa yang ada di Fakultas Pertanian UNS.

Di Fakultas Pertanian sendiri kegiatan samaru telah dilaksanakan dua kali. Pertama, dilakukan selama satu hari yang bertepatan dengan registrasi on desk mahasiswa baru lolos SNMPTN. Kedua, berlangsung selama dua hari dan bertepatan dengan registrasi on desk mahasiswa baru lolos jalur SBMPTN. Samaru kedua yang dilaksanakan pada 6-7 Agustus 2014 jauh lebih sepi dibanding samaru pertama, karena kuota mahasiswa diterima lewat jaur SBMPTN memang lebih sedikit dibanding dengan SNMPTN sehingga jumlah mahasiswa yang berkunjung ke setiap stand UKKHMJ juga sedikit.
       suasana samaru di stand KSI

Sunday, August 3, 2014

Creative Business Competition

Hallo sobat.........!!!
Ada info lomba terbaru nih, yang diadakan oleh IPB serta disponsori oleh Kementrian Koperasi dan UMKM dalam rangka festival kewirausahaa. Buat kamu-kamu, iya kamu....! yang ngaku mahasiswa, hobi berwirausaha dan punya ide bisnis kreatif bisa ikut lomba ini

Catat tanggal-tanggal pentingnya:
1 Juli 2014 : Pembukaan pendaftaran dan pengiriman naskah
14 September 2014: Deadline 
12 November 2014: Semi Final
16 November 2014: Final