Sunday, April 24, 2016

Upgrading KSI FP UNS 2016



           Minggu, 24 April 2016 adalah hari dimana seluruh pengurus KSI periode 2016 melaksanakan sebuah kegiatan upgrading di desa Mojolaban, Karanganyar. Tepat pukul 05.00 – 11.00 WIB kami melaksanakan shalat shubuh bersama-sama. Beberapa saat kemudian, kami segenap pengurus KSI melaksanakan senam bersama di halaman rumah pak RW di desa Mojolaban tersebut. Tak terasa keringat pun telah membasahi tubuh kami akibat gerakan senam yang berlebihan. Wkwkwkwkwk. Lalu kami pun beristirahat sejenak sambil minum teh dan makan roti. Setelah cukup beristirahat, kami pun mulai untuk mengikuti kegiatan upgrading KSI 2016.

       Awalnya kami dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk membuat jargon dan yel-yel yang unik dan menarik. Dan alhasil semua kelompok tampak antusias dan bergembira dengan yel-yel menarik mereka. Setelah itu, kami bergegas menuju pos pertama. Di sana kami telah ditunggu oleh mas Arifin selaku penanggung jawab dalam pos tersebut. Di pos ini kami bermain sebuah permainan yang dinamakan ‘ Ekspor Mutiara Hitam”. Dalam permainan ini kami diuji kekompakan dan kesolidan tim untuk bisa memindahkan satu persatu mutiara dengan menggunakan sendok hingga sampai ke tempat yang telah ditentukan. Banyak keseruan dan kelucuan yang terjadi pada permainan ini, ditambah lagi sengatan matahari yang cukup panas membuat keringat kami bercucuran membasahi wajah manis kami. Wkwkwkwkwkwk. Selanjutnya, kami menuju ke pos kedua. Di tempat inilah kekompakan tim benar-benar di uji. Setiap tim harus bekerja sama untuk memindahkan bola menuju tempat yang telah disediakan dengan menggunakan sehelai tali untuk setiap orang.

      Masing-masing tim harus mempunyai strategi khusus untuk bisa mengakali bagaimana caranya agar bola tersebut bisa dipindahkan tanpa jatuh dengan mengkolaborasikan lilitan-lilitan tali yang didapatkan oleh setiap orang. Selanjutnya kami bergegas menuju ke pos ketiga. Di pos ini ada 2 tim yang harus bersaing untuk mencapai garis finish terlebih dahulu. Di sini setiap tim harus menutup mata mereka dan berhimpitan punggung untuk memindahkan balon ke garis finish. Ada tawa yang sangat berkesan dalam permainan ini. Semua peserta sekaligus panitia nampak sangat gembira menyaksikan permainan yang seru tadi ini. Dan yang terakhir kami pun menuju ke pos keempat. Ini adalah pos terakhir, di pos ini kami bermain perang ilmiah. Jadi setiap tim yang salah dalam menyebutkan nama hewan atau tumbuhan yang mereka dapat maka mereka akan dilempat dengan bom air yang telah disediakan oleh panitia. Di pos terakhir ini keseruan upgrading benar-benar dirasakan. Perasaan kami bercampur aduk, ada yang senang ada yang takut dilempar bom air, ada yang hanya tertawa saja melihat permainan ini, dan masih banyak lagi. Namun dibalik keseruan ini, salah satu teman kita ada yang mengalami sedikit cidera di tangannya. Mungkin karena tergelincir tangannya. Wkwkwkwkw.
         Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB dan kami pun segera kembali ke basecamp kami. Lalu kami pun mandi, setelah beberapa jam tadi telah bergulat dengan keringat. Setelah itu, kami pun menikmati makan bersama-sama. Walaupun dengan hidangan yang biasa saja, tapi kami tetap bersyukur masih bisa makan bersama-sama dengan yang lainnya. Tampak tidak dapat disembunyikan wajah gembira teman-teman yang telah mengikuti kegiatan upgrading tahun ini. Di wajah mereka nampak terbesit banyak kesan dan juga kenangan yang telah tercipta pada kegiatan ini.
          Lalu sebelum kami bergegas pulang, ada beberapa kata motivasi yang disampaikan oleh mas Bani, selaku mantan pengurus KSI. Beliau memberikan banyak pencerahan dan juga dorongan motivasi kepada kami. Kami yang mendengarkan ocehan-ocehan dari beliau langsung serentak tergugah hatinya untuk dapat berjuang dan berbuat lebih banyak buat KSI. Setelah itu, kami pun beres-beres dan mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa pulang. Dan akhirnya kami pun pulang dengan wajah letih namun sebenarnya di dalam keletihan itu terdapat rindu yang bergelora untuk selalu mengingat moment ini.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment